Trainer sistem kontrol waktu lampu lalulintas dual timer berbasis zelio smart relay untuk penerapan fungsi Real Time Clock (RTC) pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram Jurusan Teknik Otomasi Industri kelas XII SMK Plus Almaarif Singosari / Arma Ahmadi

Ahmadi, Arma (2020) Trainer sistem kontrol waktu lampu lalulintas dual timer berbasis zelio smart relay untuk penerapan fungsi Real Time Clock (RTC) pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram Jurusan Teknik Otomasi Industri kelas XII SMK Plus Almaarif Singosari / Arma Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmadi, Arma. 2019. Trainer Sistem Kontrol Waktu Lampu Lalulintas Dual TimerBerbasis Zelio Smart Relay untuk Penerapan Fungsi Real Time Clock (RTC) pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram Jurusan Teknik Otomasi Industri Kelas XII SMK Plus Almaarif Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T., (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lampu Lalulintas, Fungsi Real Time Clock (RTC). Pertumbuhan kendaraan baik itu roda 2 maupun roda 4 sangatlah pesat terutama di kota-kota pada saat ini, padat nya kendaraan yang melintas di jalan raya mengakibatan kemacetan pada jam-jam tertentu baik itu pada weekday maupun weekend. Untuk mengurangi kemacetan ini dibuatlah lampu lalulintas di tiap persimpangan dimana pengaturan lampu lalulintas haruslah sesuai dengan padatnya kendaraan yang melintas baik itu pada saat weekday atauweekend. Dengan keadaan tersebut, belajar memahami sistem Real Time Clock(RTC) merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh siswa SMK yang telah disiapkan secara khusus untuk bekerja di dalam dunia industri,sehingga media pembelajaran sangatlah dibutuhkan didalam menunjang pembelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran harus di siapkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan pemahaman siswa SMK di dalam proses pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran. Pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk memudahkan siswa dalam praktikum PLC pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram dengan media pembelajaran pendukung yang simlpe, porteble, dan tersusun rapi, serta memberikan referensi dan wawasan bagi siswa dalam memahami pengoperasian PLC dengan fungsi Real Time Clock (RTC). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan sugiyono. Tahapan-tahapan dari model pengembangan sugiyono adalah: (a) Potensi dan masalah; (b) Pengumpulan data; (c) Desain produk; (d) Validasi desain; (e) Revisi desain; (f) Uji coba produk; (g) Revisi produk; (h) Uji coba pemakaian; (i) Revisi produk; dan (j) Produksi masal. Produk yang dihasilkan dari pengembangan yaitu: (1)Trainersistem kontrol waktu lampu lalulintas berbasis smart relayyang dapat digunakan sebagai media pembelajaran penunjang praktikum zelio smart relaypada mata pelajaran sistem kontrol terprogram, dan(2) Jobsheetpraktikum sistem kontrol waktu lampu lalulintas berbasis smart relay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85414

Actions (login required)

View Item View Item