Pengembangan trainer sistem pengendali elektronik pengolahan suhu UHT berbasis PLC untuk menerapkan fungsi timer pada Jurusan Elektronika Industri di SMK PGRI 3 Malang / Irsadul Ibad

Ibad, Irsadul (2020) Pengembangan trainer sistem pengendali elektronik pengolahan suhu UHT berbasis PLC untuk menerapkan fungsi timer pada Jurusan Elektronika Industri di SMK PGRI 3 Malang / Irsadul Ibad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ibad, Irsadul. 2019. Pengembangan Trainer Sistem Pengendali Elektronik Pengolahan Susu UHT Berbasis PLC Untuk Menerapkan Fungsi Timer Pada Jurusan Elektronika Industri di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, PLC. PLC (Programmable Logic Control) merupakan sekumpulan saklar elektronik yang dapat diprogram untuk mengontrol suatu program baik logika timer, counter, penjadwalan, dan pembacaan data analog. Dalam dunia industri saat ini PLC semakin banyak digunakan, hampir semua pengoperasian alat dilakukan secara otomatis, dengan pesatnya perkembangan otomasi industri ini maka belajar memahami pengoperasian otomasi industri merupakan hal yang harus dilakukan apalagi bagi Elektronika Industri. Siswa sekolah menengah kejuruan yang disiapkan untuk masuk dalam dunia industri. Selain pemahaman dalam pembelajaran media pendukung juga harus disiapkan untuk memaksimalkan proses pembelajaran yang akan dilakukan. Salah satu cara memahamkan siswa dengan bantuan media pendukung yaitu dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan: (1) Merancang trainer PLC dan jobsheet, (2) Membuat trainer PLC dan jobsheet. (3) Menguji Kelayakan trainer PLC dan jobsheet. Model pengembangan yang dilakukan yaitu dengan model pengembangan Sugiyono. Tahapan dari model Sugiyono adalah: (a) potensi masalah, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi desain, (e) revisi desain, (f) proses produksi, (g) uji coba produk, (h) revisi produk, (i) uji coba pemakaian, (j) revisi produk, dan (k) produksi masal. Penelitian ini menghasilkan produk berupa trainer dan jobsheet. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 94,17% untuk trainer, 88,33% untuk jobsheet. Dilihat dari nilai tersebut produk dikategorikan sangat valid dengan sedikit revisi. 93,88% dari uji coba produk yang berarti produk sangat layak digunakan tanpa revisi. 94,13% dari uji coba lapangan yang berarti produk sangat layak digunakan tanpa revisi. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah produk layak digunakan dalam proses pembelajaran. Produk yang dihasilkan dapat membantu kegiatan pembelajaran praktikum sehingga siswa kelas XII Jurusan Elektronika Industri lebih memahami PLC sebagai alat pengontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85413

Actions (login required)

View Item View Item