Evaluasi pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di| SMKN 6 Malang / Taufik Setia Permana

Permana, Taufik Setia (2020) Evaluasi pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di| SMKN 6 Malang / Taufik Setia Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permana, Taufik Setia. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik (TITL) di SMKN 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. (2) Dr. Yuni Rahmawati, S.T,. M.T. Kata Kunci: Evaluasi, Pelaksanaan, Uji Kompetensi Keahlian, Teknik Instalasi Tenaga Listrik Tujuan dari didirikan SMK yaitu untuk mencetak peserta didik yang ahli dalam pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Sehingga tujuan mendasar dari berdirinya SMK sebagai fasilitator pendidikan yang mengasah peserta didik dan meneruskan lulusannya untuk bekerja atau berwirausaha mandiri yang sesuai dengan bidang yang mereka tekuni. Tolak ukur aspek yang dapat dijadikan acuan untuk memenuhi kebutuhan industri.dunia usaha adalah melalui aspek evaluasi atau parameter kompetensi. Aspek evaluasi tersebut berupa uji kompetensi keahlian. Uji kompetensi keahlian merupakan penilaian yang memiliki standarisasi pencapaian kompetensi siswa. Untuk pelaksaan uji kompetensi keahlian berlangsung di beberapa daerah masih ada permasalahan diantaranya asesor, ketersediaan peralatan praktik, dan keterbataasan biaya untuk pelaksanaan uji kompetensi keahlian Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan uji kompetensi keahlian (UKK) program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK N 6 Malang yang meliputi: (1) Evaluasi Konteks; (2) Evaluasi Masukan yang terdiri dari (a) Kelayakan Peralatan Utama, (b) Kelayakan Peralatan Pendukung, (c) Kelayakan Tempat/Ruang, (d) Kelayakan Asesor Internal, (e) Kelayakan Asesor Eksternal, (f) Kesiapan Siswa, dan (g) Kesiapan Panitia; (3) Evaluasi Proses; dan (4) Evaluasi Hasil/Produk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif, dan dilaksanakan setelah pelaksanaan uji kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK N 6 Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, asesor, siswa dan panitia pelaksana. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket (kuesioner) dan wawancara, selanjutnya pengolahan data penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85411

Actions (login required)

View Item View Item