Peningkatan penguasaan kosakata melalui media label pada anak Kelompok A TK PKK bandulan Malang / Adlan Alif - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan kosakata melalui media label pada anak Kelompok A TK PKK bandulan Malang / Adlan Alif

Alif, Adlan (2018) Peningkatan penguasaan kosakata melalui media label pada anak Kelompok A TK PKK bandulan Malang / Adlan Alif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alif Adlan. 2018. Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Media Label Pada Anak Kelompok A TK PKK Bandulan Malang. Skripsi S1 Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Media Label Penguasaan Kosakata Anak Kelompok A Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar. Potensi bahasa merupakan potensi yang harus dikembangkan pada anak prasekolah. Kosakata salah satu aspek yang mempengaruhi perkembangan bahasa. Berdasarkan pengamatan awal pada kelompok A di TK PKK Bandulan diketahui penguasaan kosakata masih rendah. Penjabaran penguasaan dari 14 anak ditemukan 8 anak yang mengalami kesulitan belajar dalam kosakata. Ditemukan faktor penyebab terjadinya masalah salah satunya penggunaan media yang kurang bervariasi. Pemecahkan masalah media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk anak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penggunaan media label untuk meningkatkan penguasaan kemampuan penguasaan kosakata pada anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang (2) mendiskripsikan peningkatan penguasaan kosakata menggunakan media label pada anak kelompok A di TK PKK Bandulan. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada setiap siklus melakukan dua kali kegiatan pembelajaran pada siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelompok A di TK PKK Bandulan sebanyak 14 anak. Pengambilan data mengunakan instrumen penelitian yang digunakan pedoman observasi catatan lapangan dan dokumentasi foto. Analisis data yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian penerapan kegiatan pembelajaran menggunakan media label dengan tahapan mempersiapkan media dan melakukan interaksi bahasa menggunakan media label dengan menyebutkan dan mencocokkan nama benda. Hasil menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 69% dan rata-rata meningkat 29% pada siklus I pertemuan kedua presentase 78% dengan kategori belum tercapai. Pada siklus II peningkatan yang signifikan rata-rata presentase 92% dengan penjabaran 12 anak yang telah terpacai pada tingkat kecapaian kelas. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan kosakata anak dari pratindakan 40% peningkatan mencapai 92% pada siklus II dengan penjabaran 12 anak yang telah terpacai pada tingkat kecapaian kelas. Kemampuan penguasaan kosakata pada anak kelompok A TK PKK Bandulan Malang dapat ditingkatkan melalui media label. Bagi guru disarankan untuk menerapkan kegiatan pembelajaran penguasaan kosakata dengan menggunakan media yang dapat menarik minat anak untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8541

Actions (login required)

View Item View Item