Pengembangan buku ajar sensor tranduser berbasis problem solving untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Mokhammad Nasrulloh

Nasrullhoh, Mokhammad (2019) Pengembangan buku ajar sensor tranduser berbasis problem solving untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Mokhammad Nasrulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nasrulloh, Mokhammad. 2019. Pengembangan Buku Ajar Sensor Transduser Berbasis Problem Solving untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci : Buku Ajar, Sensor dan Transduser, Problem Solving. Proses belajar mengajar didalam kelas memiliki beberapa tujuan yakni untuk meningkatkan pengetahuan pedagogik mahasiswa. Pengetahuan pedagogik mahasiswa dapat di pengaruhi dari beberapa hal seperti kemampuan dalam menyelesaikan masalah (problem solving). Oleh sebab itu perlu dikembangkan sebuah bahan ajar cetak dengan model pembelajaran Problem Solving untuk matakuliah Sensor dan Tranduser. Sensor dan Tranduser merupakan salah satu program matakuliah yang ada di jurusan Teknik Elektro dan membahas tentang karakteristik dan parameter Sensor dan Tranduser serta dapat diterapkan pada sistem instrumentasi dan kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah mahasiswa dalam memperoleh materi dan membantu dalam menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran terkait tentang sensor dan tranduser. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan buku ajar Sensor Tranduser untuk S1 Pendidikan Teknik Elektro jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Borg dan Gall yang telah disesuaikan. Tahapannya yaitu: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary from of product, (4) preliminary test, (5) main product revition, (6) main field testing, (7) operational product revition. Hasil dari pengembangan buku ajar terdiri dari peta konsep, permasalahan, materi, rangkuman, penyelesaian masalah, daftar rujukan, dan index yang telah divalidasi oleh dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang menguasai dibidang Sensor dan Tranduser dan diujicobakan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2016. Validasi buku ajar menggunakan teknik penyebaran angket. Hasil penyebaran angket yang telah dilakukan pada buku ajar dinyatakan valid, sehingga layak digunakan sebagai sumber rujukan pembelajaran matakuliah Sensor dan Tranduser. Hal ini didukung melalui hasil persentase validasi oleh ketiga validator dengan rata-rata hasil validator sebesar 89,78%, hasil validasi uji coba kelompok kecil sebesar 88,29%, dan hasil validasi uji coba kelompok besar yaitu 90,56%. Dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar bisa digunakan atau layak jika digunakan sebagai reverensi belajar atau sebagai bahan ajar Sensor dan Tranduser.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85409

Actions (login required)

View Item View Item