Pengembangan trainer cartesian robot berbasis mikrokontroler arduino mega untuk memahamkan konsep pada mata kuliah robotika untuk mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muhammad Satriyo Prijambodo

Prijambodo, Muhammad Satriyo (2019) Pengembangan trainer cartesian robot berbasis mikrokontroler arduino mega untuk memahamkan konsep pada mata kuliah robotika untuk mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muhammad Satriyo Prijambodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Robotika 1 merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro menurut menurut Kurikulum Program Studi S1 Teknik Elektro tahun 2014 di Universitas Negeri Malang. Kegiatan Praktikum Robotika 1 terdapat deskripsi kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa yaitu memilih dan menggabungkan sensor untuk otomasi robot. Praktikum yang baik membutuhkan sebuah alat peraga agar pembelajaran mudah dimengerti dan dipahami oleh mahasiswa. Alat peraga juga berperan untuk memperlihatkan suatu benda di kehidupan nyata. Akibat tidak tersedianya alat peraga yang mendukung deskripsi kompetensi memilih dan menggabungkan sensor untuk otomasi robot pembelajaran akan terkesan telalu banyak teori, dan mempengaruhi ketercapaian deksripsi kompetensi yang diharapkan Dari pemaparan permasalahan di atas, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang mampu mendukung deskripsi kompetensi memilih dan menggabungkan sensor untuk otomasi robot. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa robot cartesian untuk sortir barang berdasarkan warna. Trainer yang dibuat terdiri dari komponen sensor dan aktuator yang diantaranya yaitu sensor warna, RFID, motor stepper, dan motor servo. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang telah modifikasi terdiri dari beberapa tahap, yaitu : (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; (9) Revisi Produk; dan (10) Produksi prototype. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data untuk menguji kelayakan produk menggunakan angket dan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa dengan melakukan observasi langsung terhadap mahasiswa Hasil validasi desain didapatkan persentase 94,11% oleh ahli 1, dan 94,11% oleh ahli 2. Hasil uji coba produk didapatkan persentase 87,5%. Hasil implementasi produk didapatkan nilai dengan predikat A. Kesimpulan dari penelitian pengembanagan ini menghasilkan produk berupa Trainer Cartesian Robot, Jobsheet, dan buku panduan. Produk yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk memahamkan konsep memilih dan menggabungkan sensor dan aktuator untuk mata kuliah Robotika 1 di Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85407

Actions (login required)

View Item View Item