Pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Mochamad Sirojuddin Rosyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Mochamad Sirojuddin Rosyadi

Rosyadi, Mochamad Sirojuddin (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Mochamad Sirojuddin Rosyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sirojuddin Mochamad Rosyadi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Untuk Siswa SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri. Skripsi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Ilham Ari Elbaith Zaeni S.T. M.T. Ph.D. Kata Kunci Buku Ajar Pengembangan Power Supply Project Based Learning Kurikulum 2013 Berdasarkan hasil review pada beberapa Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang berhubungan dengan power supply diketahui ada beberapa bahan ajar yang sesuai untuk mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika tetapi bahan ajar tersebut masih belum sesuai dengan silabus di program keahlian TEI di SMK dan belum menggunakan Project Based Learning. Misalnya pada buku pertama yang berjudul Teknik Otomasi Industri sudah terdapat beberapa materi yang menyangkut power supply tetapi materi tersebut belum mencakup keseluruhan tujuan dari silabus yang telah ada. Buku kedua yang berjudul Teknik Pemeliharaan dan Perbaikan Sistem Elektronika juga terdapat materi mengenai power supply yang isi dari materi tersebut lebih berkaiatan dengan materi arus kuat/listrik daripada ke elektronika serta bahasa dan pembahasaan yang diberikan terlalu sulit dipahami oleh siswa SMK. Dari kedua buku tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa buku yang ada belum mencakup/belum sesuai dengan silabus yang telah ada serta tedapat materi yang terlalu condong ke arus kuat. Metode pengembangan yang akan digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah model Pengembangan Sadiman terdiri dari 8 (delapan) langkah yaitu 1) Identifikasi kebutuhan 2) Perumusan tujuan 3) Perumusan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan 4) Perumusan alat pengukur keberhasilan 5) Penulisan naskah media 6) Tes/uji coba. Subjek uji coba produk Sadiman (2002 176-178) menyarankan untuk tahapan uji coba kelompok kecil dengan melibatkan minimal 10-20 orang yang mewakili populasi target. Sedangkan untuk ketentuan uji coba lapangan melibatkan kira-kira 30 orang yang dapat mewakili karakteristik yang telah ditentukan 7) Revisi (jika Ya maka kembali ke langkah nomer tiga jika Tidak maka lanjut ke langkah berikutnya) 8) Naskah siap produksi. Buku ajar ini telah divalidasi oleh dua orang ahli serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Blitar melalui uji kelayakan. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket dari reviewer ahli 1 mendapatkan skor 78 47 % (cukup valid) dari reviewer ahli 2 mendapatkan skor 95 83 % (sangat valid) uji coba perorangan mendapatkan skor 87 43% (sangat valid) hasil angket siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 88 85% (sangat valid) dan hasil angket siswa pada uji coba lapangan mendapatkan skor 87 71% (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut bahan ajar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85405

Actions (login required)

View Item View Item