Faktor-faktor yang mempengaruhi perolehan pengalaman belajar dari sekolah dan industri pada pelaksanaan praktik kerja industri Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Singosari / Abdul Hakim

Hakim, Abdul (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi perolehan pengalaman belajar dari sekolah dan industri pada pelaksanaan praktik kerja industri Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Singosari / Abdul Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakim, Abdul. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perolehan Pengalaman Belajar dari Sekolah dan Industri Pada Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Singosari. Skripsi, Pendidikan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 A.N.Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEE, PhD. Pembimbing 2 Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T. Kata Kunci: pengalaman belajar, praktik kerja industri Pengalaman Belajar merupakan suatu pengalaman yang didapatkan siswa dan dapat dijadikan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pengalaman belajar bisa didapatkan dari mana saja, diantaranya melalui praktik kerja industri yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Progam praktik kerja industri merupakan progam wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa di SMKN. Dengan melakukan praktik kerja industri siswa diharapkan mendapatkan banyak pengalaman belajar sehingga nantinya dapat bersaing di dunia kerja. Akan tetapi pelaksanaan praktik kerja industri ini tidak semuanya berjalan sesuai dengan yang diinginkan, dan tidak sedikit sekolah yang kurang memperhatikan pelaksanaan praktik kerja industri. Praktik kerja industri tidak akan lepas dari beberapa faktor yang menunjang keberhasilan praktik kerja industri. Maka dari itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi sekolah maupun industri dalam menjalan praktik kerja industri sehingga siswa akan banyak memperoleh pengalaman belajar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara yang dilakukan kepada 22 siswa pada tanggal 4-8 April 2019 dari data tersebut kemudian disimpulkan mengenai pengalaman belajar yang didapat oleh siswa dan faktor yang mempengaruhinya. Data kuantitatif diperoleh dari angket pendapat siswa yang disebarkan kepada 61 siswa jurusan TITL SMKN 1 Singosari pada tanggal 4-8 April 2019. Dari data tersebut kemudian diperoleh data numeric yang kemudian dirubah menjadi persentase. Dari kedua data tersebut kemudian ditarik kesimpulan mengenai pengalaman belajar yang diperoleh siswa selama praktik kerja industri dan faktor yang mempengaruhinya. Dari data tersbut dapat disimpulkan bahwa pengalaman belajar yang didapat siswa bermacam-macam, jika dibandingkan maka lebih banyak pengalaman belajar yang dipeorleh setelah pelaksanaan praktik kerja industri. sedangkan faktor yang mempengaruhi perolehan pengalaman belajar pada pelaksanaan praktik kerja industri adalah (a)materi yang disampaikan dalam pembelajaran disekolah sesuai dan dapat mendukung dalam pelaksanaan prakerin, (b)pekerjaan yang dilakukan selama prakerin sesuai dengan jurusan kelistrikkan, (c)banyaknya pekerjaan yang dikerjakan oleh siswa di industri, (d)pemberian materi di sekolah mengenai cara kerja penggunaan alat, (e)pembekalan atau pengarahan awal dari sekolah sebelum pelaksanaan prakerin, (f)masa atau jangka waktu pelaksanaan prakerin diperpanjang (lebih dari 4 bulan), (g)lingkungan kerja yang mendukung siswa dalam pelaksanaan prakerin, (h)pendampingan dari pihak industri selama pelaksanaan prakerin, (i)kelengkapan alat kerja selama di industri, (j)pelatihan dari sekolah mengenai penggunaan alat dan pekerjaan yang akan dilakukan selama prakerin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85402

Actions (login required)

View Item View Item