Pemanfaatan media pembelajaran di TK Purnama Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang <BR>oleh Umi Fatonah

Fatonah, Umi (2002) Pemanfaatan media pembelajaran di TK Purnama Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang <BR>oleh Umi Fatonah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

sebanya2k0 5 orang yang dibagi dalam lirna kelas (2) frekuensi pemanfaatanm edia pembelajaradni TK Pumamam enunjukanb ahwa selalu memanfaatkanm edia papan khususnyap apan tulis dan media cetak (buku teks). Guru sering memanfaatkan mediag rafis (gambar)d an media/peralatanT K dalam ruangan.G uru kadang-kadang memanfaatkamn edia benda sebenamya,m edia tiruan/model, medis elektronik dan media/peralataTn K luar nrangan. (3) prosedur pemanfaatanm edia pembelajaran yang dilakukan guru pada saat sebelum pemanfaatan media adalah mengecek keadaar/kondisfii sik media, pada saat pemanfaatanm edia guru selalu mengikut sertakanp eran aktif siswa. Setelah pemanfaatanm edia guru menyimpan kembali media yang telah digunakan ke tempat semula. (4) kriteria pemilihan media pembelajarayna ng digunakang uru adalahs esuaid engant ujuan pembelajarans, esuai dengan isi pelajaran, sesuai dengan metode dan kondisi media pada saat akan digunakanH. al ini menunjukkanb ahwa guru di TK Purnamad alam memilih media disesuaikand engan kriteria pemilihan media yang dipersyaratkan(5)w aktu yang digunakand alam pemanfaatanm edia menunjukkanb ahwa hampir seluruh guru memanfaatkamne dial ebih dari 30 menit untuk mencapahi asily angl ebih baik. Polap emanfaatamn ediap embelajarayna g dilakukang urua dad ua yaitu pola pemanfaatamne diad idalamd an diluar kelas.P ola pemanfaatamn ediad idalamk elas yang dilakukan seluruh guru adalah secara klasikal, 'sebagian besar guru menggunakapno la secarai ndividual dan separohg uru secarak elompok. Sementara itu, pola pemanfaatan media luar situasi kelas yang digunakan guru adalah secara terkontrolh al ini untuk memudahkand alam pengawasans iswa. Berdasarkanh asil penelitian,d ikemukakans arans ebagabi erikut : (l) Kepala Sekolah agar selalu memperhatikan dan berusaha untuk melengkapi media pembelajarans esuaid enganj umlah murid yang ada trarenak eberadaanm ediaj uga sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran, (2) Guru diharapkan lebih meningkatkan frekuensinya dalam memanfaatkan media pembelajaran khususnya mediab endas ebenamyam, odel,d ana lat permainanT K.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item