Pengembangan buku referensi pembangkit listrik tenaga uap pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Aziz Prapta Dira

Dira, Aziz Prapta (2019) Pengembangan buku referensi pembangkit listrik tenaga uap pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Aziz Prapta Dira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dira, Aziz Prapta. 2019. Pengembangan Buku Referensi Pembangkit Listrik Tenaga Uap pada Matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) A. N. Afandi, S. T., M.T., Ph.D. (2) Drs. Slamet Wibawanto M.T. Kata Kunci: Buku referensi, Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Pembangkit Tenaga Listrik. Salah satu jenis pembangkit yang banyak digunakan di Indonesia pada saat ini adalah PLTU. Selain dari total produksi listrik (dalam MW) PLTU yang besar, jumlah unit PLTU juga termasuk dalam kategori yang terbayak nomer tiga setelah PLTA. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa materi mengenai PLTU sangat diperlukan dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, bahan ajar yang terkait PLTU masih sedikit. Sehingga diperlukan buku referensi Pembangkit Listrik Tenaga Uap untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan buku referensi PLTU. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkat 2016 yang sudah menempuh mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik. Model yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah model R&D milik Sugiyono yang mempunyai 10 tahap, diantaranya: (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produk massal. Hasil dari pengembangan ini berupa buku referensi dan telah di validasi oleh validator serta di uji coba terhadap mahasiswa. Hasil validasi oleh validator memperoleh presentase sebesar 94% (sangat valid), hasil uji coba produk memperoleh prsentase 91% (sangat valid), dan pada uji coba pemakaian memperoleh presentase sebesar 91% (sangat valid). Berdasarkan hasil tersebut, buku referensi yang dibuat dinyata kan sangat valid dan layak digunakan untuk referensi pembelajaran pada mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85396

Actions (login required)

View Item View Item