Perbandingan penerapan model pembelajaran "SFAE" dengan "POE" yang dipadu strategi konflik kognitif pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa kelas X TITL di SMK Negeri 1 Blitar / Ardhia Pramesi Putri

Putri, Ardhia Pramesi (2019) Perbandingan penerapan model pembelajaran "SFAE" dengan "POE" yang dipadu strategi konflik kognitif pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa kelas X TITL di SMK Negeri 1 Blitar / Ardhia Pramesi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Putri, Ardhia Pramesi. 2019. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran SFAE dengan POE yang Dipadu Strategi Konflik Kognitif Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TITL di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (2) Drs. Hari Putranto, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Dasar Listrik dan Elektronika, Student Facilitator and Explaining (SFAE), Predict Observe Explain (POE), Strategi Konflik Kognitif. Hasil belajar merupakan ketercapaian siswa dalam belajar terhadap suatu materi yang diajarkan. Dasar Listrik dan Elektronika merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai dasar-dasar materi elektro dan kelistrikan yang di dalamnya membahas tentang konsep-konsep awal. Ketercapaian hasil belajar sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran, salah satunya yaitu penggunaan model dan strategi pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai akan mampu memberikan pengaruh terhadap kegiatan pembelajaran serta hasil belajar siswa. Melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Predict Observe Explain (POE) masing-masing dipadu dipadu strategi konflik kognitif, siswa dibimbing belajar sendiri sesama teman, serta menyimpulkan mengenai konsep materi yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 berjumlah 35 siswa diberi perlakuan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) dipadu strategi konflik kognitif dan kelas X TITL 3 berjumlah 36 siswa diberi perlakuan model Predict Observe Explain (POE) dipadu strategi konflik kognitif. Hasil Uji-t pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji hipotesis mengenai perbedaan hasil belajar pengetahuan memiliki nilai signifikansi 0,002, dan pada uji hipotesis mengenai perbedaan hasil belajar sikap dan keterampilan memiliki nilai signifikansi 0,000. Kedua hasil uji hipotesis tersebut memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pengetahuan siswa pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2, dan terdapat perbedaan hasil belajar sikap dan keterampilan siswa pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Hasil penelitian juga dapat dilihat pada beberapa aspek berikut: (1) nilai rata-rata kelas eksperimen 1 memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2, dan (2) pembelajaran kelas eksperimen 1 memiliki ketuntasan pembelajaran lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model SFAE dipadu strategi konflik kognitif berpengaruh lebih dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada dengan model POE dipadu strategi konflik kognitif. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model SFAE dipadu strategi konflik kognitif dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85395

Actions (login required)

View Item View Item