Pengembangan modul pembangkit listrik tenaga surya pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Herdianto

Herdianto (2019) Pengembangan modul pembangkit listrik tenaga surya pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Herdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Herdianto. 2019. Pengembangan Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya pada Matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) A. N. Afandi, S.T.,M.T.,Ph.D. (2) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata Kunci: Modul, Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Model Pengembangan ADDIE Universitas Negeri Malang merupakan salah satu lembaga Pendidikan yang turut andil dalam visi, misi, dan tujuannya dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Salah satu tujuan dari Universitas Negeri Malang pada poin ketiga adalah menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, seni, dan/atau olahraga. Sehingga dalam penelitian ini akan dibuat suatu karya berupa bahan ajar digital Pembangkit Listrik Tenaga Surya pada matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Berdasarkan observasi pada dosen pengampu dan mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik, diketahui bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran yaitu berupa slide presentasi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun dan mengetahui validitas pengembangan modul matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik materi Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze Design Develpoment Implementation Evaluate). Prosedur pengembangan ADDIE meliputi lima langkah, yaitu: melakukan tahapan analisis, pendesainan produk, pengembangan produk, implementasi produk, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan lembar angket untuk menguji kelayakan modul yang telah dikembangkan. Hasil dari pengembangan ini berupa modul yang telah divalidasi oleh ahli serta telah diuji cobakan kepada mahasiswa. Kevalidan modul diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil uji validasi modul oleh ahli memperoleh persentase sebesar 84,28% (sangat valid), hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 89,17% (sangat valid), dan hasil uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 88,89% (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut, modul dinyatakan sangat valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85393

Actions (login required)

View Item View Item