Perbandingan penerapan "CBL" dipadu strategi "SL" dan "CPS" dipadu strategi "SL" pengaruhnya terhadap hasil belajar "IML" pada siswa kelas XI TITL di SMKN 6 Malang / Maqhrisa Rusma - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penerapan "CBL" dipadu strategi "SL" dan "CPS" dipadu strategi "SL" pengaruhnya terhadap hasil belajar "IML" pada siswa kelas XI TITL di SMKN 6 Malang / Maqhrisa Rusma

Rusma, Maqhrisa (2019) Perbandingan penerapan "CBL" dipadu strategi "SL" dan "CPS" dipadu strategi "SL" pengaruhnya terhadap hasil belajar "IML" pada siswa kelas XI TITL di SMKN 6 Malang / Maqhrisa Rusma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rusma Maqhrisa. 2019. Perbandingan Penerapan CBL Dipadu Strategi SL dan CPS Dipadu Strategi SL Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IML pada Siswa Kelas XI TITL di SMKN 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. (2) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Challenge Based Learning Creative Problem Solving Strategi Scaffolding Learning Hasil Belajar Pengetahuan Sikap dan Keterampilan Pembelajaran Instalasi Motor Listrik Penelitian eksperimen ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMKN 6 Malang. Permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya minat belajar siswa siswa kesulitan memahami materi nilai yang diperoleh siswa masih rendah dan dibawah standar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya eksperimen perbandingan model pembelajaran yang inovatif seperti Challenge Based learning yang dipadu strategi Scaffolding Learning dan Creative Problem Solving yang dipadu strategi Scaffolding Learning. Tujuan utama penelitian ini adalah referensi pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Experiment research) dengan Pre-Test Post-Test Design . Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI TITL A sebagai kelompok eksperimen A dan siswa kelas XI TITL B sebagai kelompok eksperimen B. Kelompok eksperimen A diberi perlakuan model pembelajaran CBL yang dipadu strategi SL sedangkan kelompok eksperimen B diberi perlakuan model pembelajaran CPS yang dipadu strategi SL. Pengumpulan data dilakukan melalui Pre-Test Post-Test dan Observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-Test setelah diberi perlakuan model pembelajaran CBL yang dipadu strategi SL adalah 89 78 untuk kelompok A dengan ketuntasan 100%. Kelompok B dengan perlakuan model pembelajaran CPS yang dipadu strategi SL mendapat nilai rata-rata Post-test adalah 85 64 dengan ketuntasan 82 34%. Kemudian data nilai rata-rata hasil belajar sikap dan keterampilan kelas A adalah 87 49 dan kelas B adalah 84 02. Uji perbedaan rata-rata hasil belajar siswa bagian pengetahuan menggunakan metode Independent T-Test menghasilkan nilai 0 042 yang berarti kurang dari 0 05. Begitu pun dengan perbedaan rata-rata hasil belajar bagian sikap dan keterampilan menghasilkan nilai 0 031. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Challenge Based learning yang dipadu strategi Scaffolding Learning dengan Creative Problem Solving yang dipadu strategi Scaffolding Learning pada bagian pengetahuan sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut hasil perbedaan kedua model tersebut model Challenge Based learning yang dipadu strategi Scaffolding Learning lebih baik dari hasil belajar bagian pengetahuan sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85391

Actions (login required)

View Item View Item