Prasastiningtyas, Dwi Putri (2018) Peningkatan sikap moral melalui metode bercerita menggunakan puppet pada anak kelompok B di TK Selaras Cita Kota Malang / Dwi Putri Prasastiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Prasastiningtyas Dwi Putri. 2018. Peningkatan Sikap Moral Melalui Metode Bercerita Menggunakan Puppet Pada Anak Kelompok B Di TK Selaras Cita Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd (II) Evania Yafie S.Pd. M.Pd. Kata kunci Sikap Moral Puppet Bercerita. Banyak anak kelompok B6 yang sikap moralnya belum sesuai dengan norma yag berlaku di masyarakat. Hasil observasi menunjukkan (70 4%) anak belum memiliki sikap moral yang baik terutama aspek kejujuran dan kesopanan. Penyebab permasalahan tersebut adalah kebiasaan yang dibawa anak dari rumah kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan untuk menasehati anak dan pembelajaran moral yang kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dipilih suatu metode bercerita menggunakan puppet untuk meningkatkan sikap moral anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) Penerapan metode bercerita menggunakan puppet untuk meningkatkan sikap moral anak kelompok B di TK Selaras Cita Kota Malang dan (b) Mendeskripsikan metode bercerita menggunakan puppet untuk meningkatkan sikap moral anak kelompok B di TK Selaras Cita Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan mulai dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 27 anak dari kelompok B6 TK Selaras Cita Kota Malang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan terdapat peningkatan sikap moral anak. Pada siklus I pertemuan pertama sikap moral anak mencapai 48 1% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 55 5%. Pada Siklus II pertemuan pertama sikap moral anak mencapai 66 6% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 85 1%. Penerapan metode bercerita menggunakan puppet sudah sesuai dengan langkah-langkah yang dibuat dan dengan perbaikan penambahan boneka tangan untuk lebih menarik perhatian anak sehingga kondisi kelas lebih kondusif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (a) metode bercerita menggunakan puppet diterapkan sesuai dengan langkah-langkah yang dibuat (b) melalui metode bercerita menggunakan puppet sikap moral anak mengalami peningkatan. Disarankan kepada guru untuk memberikan pelajaran terutama aspek moral kepada anak melalui metode bercerita menggunakan puppet menggunakan teks cerita yang disesuaikan dengan sikap moral yang ingin ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8539 |
Actions (login required)
View Item |