Pengembangan media pembelajaran digital sistem distribusi energi listrik berbasis pemahaman konsep pada pembelajaran energi baru dan terbarukan bagi mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang / David Anggara Putra

Putra, David Anggara (2019) Pengembangan media pembelajaran digital sistem distribusi energi listrik berbasis pemahaman konsep pada pembelajaran energi baru dan terbarukan bagi mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang / David Anggara Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra, DavidAnggara. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Sistem Distribusi Energi Listrik Berbasis Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Energi Baru dan Terbarukan Bagi Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang.Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Distribusi, PemahamanKonsep, EnergiBaru dan Terbarukan Tujuanpenelitian dan pengembanganiniadalah: (1) Merancang dan membuatmedia pembelajaran digitalsistemdistribusienergilistrikberbasispemahamankonsep pada pembelajaranenergibaruterbarukan di TE UM; (2) Merancang dan membuatsimulasisistemdistribusienergilistrikberbasispemahamankonsep pada pembelajaranenergibaruterbarukan di TE UM; (3) Mengujikelayakan media pembelajaran digitalsistemdistribusienergilistrikberbasispemahamankonsep pada pembelajaranenergibaruterbarukan di TE UM. Pengembanganinimenggunakan model penelitian ADDIE dengan 5 (lima) tahappenelitian dan pengembangan. Uji kelayakanbahan ajar dilakukan oleh 2 (dua) dosenahli Teknik Elektro, mahasiswa S1 TE angkatan 2015 dan mahasiswa S1 TE angkatan 2016 untukmegevaluasikelayakanmedia pembelajaran digital dansimulasimenggunakaninstrumenberupaangket. Uji cobakelayakanbahan ajar dilakukan oleh 2 (dua) dosenahli Teknik Elektro, 10 (sepuluh) mahasiswa S1 TE 2015 konsentrasiaruskuat dan mahasiswa S1 TE 2016 konsentrasiaruskuatuntukmengujikelayakanmateri dan media denganmenggunakan instrument berupaangket. Hasil penelitianmenunjukkanbahwatingkatkelayakan media pembelajaran digital energibaru dan terbarukantentangsistemdistribusitenagalistrikpembangkitenergibaru dan terbarukanmemperolehpersentasesebesar 83,4% dari 2 (dua) dosenahli yang artinyaproduklayakdigunakandengansedikitrevisi, 86% dari 10 (sepuluh) mahasiswa S1 TE 2015 konsentrasiaruskuat yang artinyaproduksangatlayakuntukdigunakan, sedangkandarimahasiswa S1 TE 2016 konsentrasiaruskuatmemperoleh 88% yang artinyaproduksangatlayakdigunakantanpaadarevisilagi. Kesimpulan daripenelitian dan pengembanganiniterbuktibahwa media pembelajaran digital energibaru dan terbarukansangatlayakdigunakan. Media pembelajaran digital juga mampumemberikanpemahamantentangkonsepsistemdistribusitenagalistrikpembangkitenergibaru dan terbarukankepadamahasiswa S1 TE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85388

Actions (login required)

View Item View Item