Perbedaan pemahaman konsep mata pelajaran instalasi motor listrik karena pengaruh penerapan model guided discovery dibandingkan model challenge based learning berbantuan software simulasi EKTS (Electrical Control Techniques Simulator) pada siswa kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates / Evi Widiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pemahaman konsep mata pelajaran instalasi motor listrik karena pengaruh penerapan model guided discovery dibandingkan model challenge based learning berbantuan software simulasi EKTS (Electrical Control Techniques Simulator) pada siswa kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates / Evi Widiawati

Widiawati, Evi (2019) Perbedaan pemahaman konsep mata pelajaran instalasi motor listrik karena pengaruh penerapan model guided discovery dibandingkan model challenge based learning berbantuan software simulasi EKTS (Electrical Control Techniques Simulator) pada siswa kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates / Evi Widiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiawati Evi. 2019. Perbedaan Pemahaman Konsep Instalasi Motor Listrik Karena Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning DibandingkanModel Challenge Based Learning Berbantuan Software Simulasi EKTS Pada Siswa Kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Guided Discovery Learning Challenge Based Learning Pemahaman Konsep Software Simulasi EKTS Pendidikan merupakan suatu hal penting dalam proses membangun peradaban suatu bangsa. Melalui pendidikan akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas. Kualitas pendidikan berkaitan dengan kualitas siswa karena siswa akan menjadi tujuan keterlaksanaan dari pendidikan. Meningkatkan kualitas siswa berarti mencakup pada peningkatan hasil belajar siswa disekolah. Jika siswa memiliki hasil belajar yang baik maka siswa memiliki kemampuan dalam pemahaman konsep materi dengan baik. Siswa mampu menerjemahkan menjelaskan dengan menggunakan susunan kata sendiri dari sesuatu yang dibaca maupun didengar memberikan contoh dari konsep pemahaman sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mendeskripsikan pemahaman konsep Instalasi Motor Listrik karena perlakuan model Guided Discovery berbantuan software simulasi EKTS pada siswa kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates (2) Mendeskripsikan pemahaman konsep Instalasi Motor Listrik karena perlakuan model Challenge Based Learning berbantuan software simulasi EKTS pada siswa kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates (3) Mengungkapkan signifikansi perbedaan pemahaman konsep Instalasi Motor Listrik pada kelas TITL 1 diberi perlakuan menggunakan model Guided Discovery berbantuan software simulasi EKTS dibandingankan kelas TITL 2 diberi perlakuan menggunakan model Challenge Based Learning berbantuan software simulasi EKTS pada siswa kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates (4) Mengetahui model pembelajaran yang lebih unggul dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar mata pelajaran Instalasi Motor Listrik pada siswa kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Brantas Karangkates. Instrumen pengukuran yang digunakan berupa soal pretestuntuk mengetahui kemampuan awal siswa dan soal posttest untuk hasil pemahaman konsep siswa aspek yang diukur adalah aspek ranah kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan metode CRI (Certainty of Response Index). Hasil analisis data dari pemahaman konsep siswa untuk kelas eksperimen 1 memperoleh nilai tertinggi sebesar 96 dan nilai terendah 68 dengan rata-rata nilai 83 75 sedangkan kelas eksperimen 2 memperoleh nilai tertinggi sebesar 92 dan nilai terendah 64 dengan rata-rata nilai 79 73. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik Independent Sample T-Testuntuk hasil pemahaman konsep berbantuan softwareSPSS21.0. Berdasarkan analisa diperoleh hasil terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model Guided Discoverydan model Challenge Based Learning berbantuan software simulasi EKTS terhadap pemahaman konsep pada siswa dengan nilai sig. 0 005.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85387

Actions (login required)

View Item View Item