Perbedaan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik karena pengaruh penerapan model learning cycle 5E berbantuan video tutorial dibandingkan learning cycle 5E berbantuan simulasi pada siswa kelas X Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK PGRI 3 Malang / Indah Churiyah

Churiyah, Indah (2019) Perbedaan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik karena pengaruh penerapan model learning cycle 5E berbantuan video tutorial dibandingkan learning cycle 5E berbantuan simulasi pada siswa kelas X Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK PGRI 3 Malang / Indah Churiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Churiyah, I. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik karena Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Video Tutorial Dibandingkan Learning Cycle 5E Berbantuan Simulasi pada Siswa Kelas X Teknik Pembangkit Tenaga Listrik SMK PGRI 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., pembimbing (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata Kunci: Learning cycle 5e, video tutorial, simulasi, Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Perkembangan IPTEK saat ini telah berkembang begitu pesat, salah satunya dalam bidang pendidikan. Perkembangan tersebut mempengaruhi kemajuan teknologi pendidikan yang ditandai dengan perkembangan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penggunaan media sangat penting dilakukan untuk memvisualisasikan cara kerja adan proses dari sebuah alat ukur, salah satunya adalah pengukuran tegangan arus listrik bolak-balik menggunakan osiloscop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik aspek pengetahuan dan keterampilan karena pengaruh penerapan model Learning Cycle 5e berbantuan video tutorial dibandingkan Learning Cycle 5e berbantuan simulasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan jenis non-equivalent group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X PBD sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan video tutorial dan siswa kelas X PBB sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan Simulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik aspek pengetahuan karena pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e berbantua nvideo tutorial pada kelas kontrol dibandingkan Learning Cycle 5e berbantuan simulasi pada kelas eksperimen. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen 2 yaitu sebesar 84.8, lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 yaitu sebesar 79.09. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar aspek keterampilan, kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata nilai keterampilan sebesar 87.48, lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai keterampilan siswa kelas ekperimen 1, yakni sebesar 82.02. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar aspek pengetahuan pada kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada hasil belajar kelas eksperimen 1; (2) hasil belajar aspek keterampilan pada kelas ekperimen 2 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1; (3) terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar aspek pengetahuan kelas ekperimen 2 karena perlakuan model Learning Cycle 5e berbantuan video tutorial dibandingkan kelas eksperimen 1 karena perlakuan Learning Cycle 5e berbantuan simulasi; dan (4) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek keterampilan pada kelas eksperimen 2 karena perlakuan model Learning Cycle 5e berbantuan video tutorial dibandingkan kelas eksperimen 1 karena perlakuan Learning Cycle 5e berbantuan simulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85384

Actions (login required)

View Item View Item