Pengaruh penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X TITL SMK Negeri 6 Malang / Lina Dessy Lidyawati

Lidyawati, Lina Dessy (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X TITL SMK Negeri 6 Malang / Lina Dessy Lidyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lidyawati, Lina, Dessy. 2019. PengaruhPenerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hari Putranto, M.Pd. (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 6 Malang pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X TITL SMK Negeri 6 Malang diketahui guru masih menggunakan model pembelajaran yang terpusat pada guru. Pada model pembelajaran tersebut guru memberikan materi dengan cara ceramah dan siswa mencatat apa yang disampaikan oleh guru.Namun siswa yang mendengarkan dan mencatat apa yang telah disampaikan guru hanya beberapa siswa saja yang duduk di depan, sedangkan siswa lain atau siswa yang duduk dibelakang cenderung tidur dan bermain gadget.Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan nilai akhir siswa masih banyak yang berada di bawah KKM, yaitu 71 pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakanmodel pembelajaran Student Facilitator and Explainingpada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kompetensi dasar memahami hukum-hukum dan fenomena rangkaian kemagnitan kelas X TITL SMK Negeri 6 Malang; (2) penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFE)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kompetensi dasar memahami hukum-hukum dan fenomena rangkaian kemagnitan kelas X TITL SMK Negeri 6 Malang. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Listrik 1 TITL SMK Negeri 6 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dokumentasi, dan tes. Hasilpenelitianinimenunjukan penerapan model pembelajaranStudent Facilitator and Explainingmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Persentasekeberhasilan ranah afektif siswa padasiklusI mencapai77,91%dengan kriteriabaikdanmeningkatmenjadi78,86%padasiklus II dengankriteriabaik. Persentasekeberhasilanhasilbelajarsiswaranahkognitif siklus I mengalamipeningkatandari71,71% dengan kriteria cukup menjadi82% dengan kriteriabaik. Kesimpulandaripenelitianiniadalah penerapan model pembelajaranStudent Facilitator and Explainingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas X Listrik 1 TITL SMK Negeri 6Malangpadamatapelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dengankompetensi dasar memahami hukum-hukum dan fenomena rangkaian kemagnitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85381

Actions (login required)

View Item View Item