Studi kasus gangguan withdraw pada anak X kelompok B di TK Anak Hebat Kota Malang / Insan Sheny Priyandita

Priyandita, Insan Sheny (2018) Studi kasus gangguan withdraw pada anak X kelompok B di TK Anak Hebat Kota Malang / Insan Sheny Priyandita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priyandita, Insan Sheny. 2018. Studi Kasus Gangguan Withdraw Pada Anak X Kelompok B Di TK Anak Hebat Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto, S. Pd, M. Pd., (II) Sandy Tegariyani Putri Santoso, S. Pd, M.Pd. Kata Kunci: Gangguan, Withdraw, Kelompok B TK Anak Hebat Kota Malang Seorang anak menunjukkan perilaku sering malu ketika diminta maju ke depan, sering duduk di sudut kelas, suka menyendiri ketika anak-anak bermain bersama, dan sering tidak menjawab ketika guru maupun orang lain bertanya. Penelitian dilakukan untuk menunjukkan gambaran mengenai gangguan withdraw diantaranya gejala-gejala, faktor-faktor penyebab, dan cara penanganan gangguan withdraw pada anak kelompok B sebagai tindakan antisipasi agar pada jenjang pendidikan selanjutnya perkembangan anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan usianya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus tunggal (Individual Case Study). Peran peneliti sebagai pengumpul data utama sebagai perencana penelitian, pelaksana dalam penelitian, menganalisis data, dan sebagai penyusunan laporan hasil penelitian. Lokasi penelitian berada di sekolah dan di rumah subjek yaitu di Sawojajar. Subjek dalam penelitian ini adalah anakSumber data adalah anak, guru dan orangtua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman diantaranya pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Penelitian ini menghasilkan temuan dan paparan data yaitu (1) gejala-gejala gangguan withdraw diantaranya menarik diri dari sosial atau penyendiri, sering melamun dan tidak berkonsentrasi, suka bermain sendiri dengan barang yang dimilikinya, pendiam dan hanya berinteraksi dengan keluarga saja, (2) faktor-faktor penyebab diantaranya lingkungan sekitar tidak mendukung dalam meningkatkan perkembangan anak, dan anak kurang mendapatkan perhatian, (3) cara penanganan gangguan withdraw yaitu membiasakan anak untuk berinteraksi dengan orang lain, orangtua meluangkan waktu untuk anak, memberi pengertian bahwa tanggung jawab itu penting dan mengarahkan anak kepada kehidupan yang lebih luas. Saran penelitian ini bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan mampu mengumpulkan data lebih mendalam mengenai gambaran gangguan withdraw. Pada penelitian selanjutnya diharapkan peneliti tidak hanya mengumpulkan data ketika berada di sekolah dan dirumah saja, tetapi mampu melihat perilaku ketika anak berinteraksi dengan saudara-saudaranya atau keluarga besar anak. Sedangkan saran bagi orang tua dan pendidik yaitu : (1) membangun kedekatan dengan anak (2) memberi perhatian khusus kepada anak, (3) mengajak anak untuk ikut dalam kegiatan yang mengutamakan interaksi dengan orang lain, (4) membiasakan anak untuk menjalankan kewajibannya dan memberi kesempatan anak untuk mengungkapkan perasaan dan keinginannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8538

Actions (login required)

View Item View Item