Kusumastuti, Saridewi (2019) Pengembangan buku ajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) bermuatan Problem Based Learning (PBL) untuk menumbuhkan pemahaman konsep pada siswa kelas X semester 2 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) di SMK negeri 2 Singosari / Saridewi Kusumastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv ABSTRAK Kusumastuti Saridewi. 2019. Pengembangan Buku Ajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas X Semester 2 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Kata Kunci Pengembangan Buku ajar Problem Based Learning Dasar Listrik dan Elektronika Buku ajar merupakan buku pegangan yang digunakan guru maupun siswa untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Buku ajar yang akan dikembangkan merupakan materi pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) Semester Genap. Berdasarkan hasil observasi pada guru pengampu Mata Pelajaran DLE kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) di SMK Negeri 2 Singosari terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran. Guru masih menggunakan buku cetak yang belum sesuai dengan kurikulum 2013 dan nenggunakan buku cetak Teknik Elektronika dan Teknik Listrik karena belum adaa buku untuk mata pelajaran DLE. Buku ajar yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dimana langkah-langkahnya yaitu (1) orientasi siswa pada masalah (2) mengorganisasi siswa dalam belajar (3) membimbing penyelidikan individu maupun kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Buku ajar Dasar Listrik dan Elektronika dikembangkan menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Sadiman dkk. Tahap-tahap yang dilakukan antara lain Identifikasi Kebutuhan Perumusan Tujuan Perumusan Butir-butir Materi Perumusan Alat Pengukur Keberhasilan Penulisan Naskah Media Tes/Uji Coba Revisi Naskah Siap Produksi. Produk yang dihasilkan berupa buku ajar cetak dengan model pembelajaran PBL. Produk telah divalidasi oleh 3 ahli dan telah diuji cobakan kepada siswa kelas X SMK Negeri 2 Singosari melalui uji coba kelompok kecil uji coba kelompok besar dan uji pemahaman konsep. Kelayakan buku ajar Dasar Listrik dan Elektronika diketahui berdasarkan angket dari 3 ahli memperoleh skor 95 94% (sangat layak). Uji coba kelompok kecil pada 20 siswa memperoleh skor 90 67% (sangat layak). Uji coba kelompok besar pada 53 siswa memperoleh skor 90 38%. Uji coba pemahaman konsep pada 53 siswa memperoleh skor 90 75%. Berdasarkan skor tersebut buku ajar Dasar Listrik dan Elektronika dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam proses belajar mata pelajaran Dasar listrik dan Elektronika. Hasil uji coba pemahaman konsep materi dapat diketahui berdasarkan hasil belajar siswa yang menyatakan buku ajar Dasar Listrik dan Elektronika dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memahamkan konsep pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/85373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |