Pengembangan media video pembelajaran dalam materi hydropower pada matakuliah dasar konversi energi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Mohammad Abdul Karim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran dalam materi hydropower pada matakuliah dasar konversi energi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Mohammad Abdul Karim

Karim, Mohammad Abdul (2019) Pengembangan media video pembelajaran dalam materi hydropower pada matakuliah dasar konversi energi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Mohammad Abdul Karim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Karim Mohammad Abdul. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Dalam Materi Hydropower pada Matakuliah Dasar Konversi Energi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci video media pembelajaran hydropower Video pembelajaran merupakan bahan ajar noncetak dalam format audiovisual berisi informasi pembelajaran yang membantu peserta didik untuk memahami materi. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran di dalam kelas adalah video pembelajaran. Video ini dapat menjadikan daya tarik tersendiri agar peserta didik mampu memahami materi dan terdapatnya beberapa materi yang diilustasikan dalam bentuk animasi akan mempermudah peserta didik untuk menelaah materi yang lebih interaktif. Matakuliah dasar konversi energi di jurusan Teknik Elektro mengharuskan peserta didik mengerti secara terperinci akan jenis dan karakter pembangkit listrik namun masih terbatas oleh waktu dan biaya untuk meninjau secara langsung ke lapangan. Sarana prasarana yang ada pada Jurusan Teknik Elektro pun tidak memiliki pembangkit sendiri sebagai rujukan setiap saat jika diperlukan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran dalam materi hydropower dasar konversi energi listrik. Pengembangan media pembelajaran dengan basis video ini menggunakan model pengembangan oleh Sadiman. Tahapan dalam pembuatan video pembelajaran yang di adopsi dari model pengembangan oleh sadiman adalah (1) identifikasi masalah (2) analisis kebutuhan (3) pengembangan materi (4) penyusunan petunjuk pemanfaatan (5) produksi (6) validasi (7) revisi. Video pembelajaran yang telah selesai di produksi kemudian di ujicobakan kepada sampel populasi. Populasi ujicoba ini adalah Mahasisa Universitas Negeri Malang Program Studi Pendidikan Elektro. Selain itu video pembelajaran juga divalidasikan kepada para ahli Hasil ujicoba dan validasi ini berupa data kuantitatif berupa skoring dan data kualitatif berupa saran yang diberikan. Setelah video pembelajaran divalidasi kemudian direvisi agar dihaslikan vidoe pembelajarn yang tepat sesuai dengan kaidah materi yang harus terkait. Berdasarkan analisis validasi pengembangan media pembelajaran dari video pembelajaran dalam materi hydropower dasar konversi energi listrik didapatkan hasil yang sangat layak dengan hasil para ahli 91 76% kelompok kecil 91 56% kelompok besar 89 28%. Dengan presentase hasil validasi tersebut video pembelajaran dalam materi hyropower sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menunjang pemahaman peserta didik. Video pembelajaran ini telah sangat layak dari aspek materi tampilan dan bahasannya. Video pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85372

Actions (login required)

View Item View Item