Studi kasus gangguan mutisme selektif (selective mutism) pada anak kelompok A di Children Center Brawijaya Smart School UB / Alfiana Fajarwatiningtyas

Fajarwatiningtyas, Alfiana (2018) Studi kasus gangguan mutisme selektif (selective mutism) pada anak kelompok A di Children Center Brawijaya Smart School UB / Alfiana Fajarwatiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajarwatiningtyas, Alfiana. 2018. Studi Kasus Gangguan Mutisme Selektive (Selective Mutism) pada Anak Kelompok A di Children Center Brawijaya Smart School UB. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd., M.Pd (II) Eny Nur Aisyah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci:Gangguan, Mutisme Selektif, Anak Aspek kemampuan bahasa yang penting yaitu kemampuan bicara. Salah satu jenis gangguan dalam berbicara yaitu gangguan mutisme selektif (selective mutism). Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap seorang anak TK A di Children Center Brawijaya Smart School UB ditemukan bahwa anak sering tidak menjawab pertanyaan dari guru dan lebih banyak diam ketika di sekolah, namun orang tua mengatakan bahwa anak sangat aktif berbicara ketika di rumah. Kondisi tersebut berlangsung sejak berada di playgrup dan semakin parah saat anak memasuki TK A. Fokuspenelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) gambaran umum gangguan mutisme selektif,(2)faktor-faktor penyebab gangguan mutisme selektif, (3) kendala-kendala yang dialami guru dalam menangani gangguan mutisme selektif, (4) cara penanganan yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi gangguan mutisme selektif pada anak kelompok A di Children Center Brawijaya Smart School UB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Analisis data dengan menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman. Proses analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan terakhir penarikan kesimpulan. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dalam penelitian dan hadir secara langsung di lapangan. Hasil penelitian diperoleh bahwa anak mutisme selektif berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, mau berbicara dengan orang terdekat dan tingkat intelegensi anak normal. Faktor penyebab gangguan mutisme selektif yang dialami anak yaitu malu dan kurang percaya diri, faktor keturunan, keluarga migran, pemberian apresiasi dari guru, dan perkataan teman sebaya. Kendala yang dialami guru dalam mengatasi gangguan ini yaitu sulit memahami maksud anak dan sulit mendorong anak agar mau berbicara. Sementara cara penanganan yang dilakukan oleh guru yaitu menjadikan anak sebagai pemimpin, memberikan motivasi, tidak memberikan apresiasi khusus pada anak, menggunakan pertanyaan terbuka, melakukan kerjasama dengan orang tua dan melakukan pendekatan secara intensif, sedangkan hasil penanganan guru meningkat secara bertahap. Saran bagi orang tua yaitu tidak memaksa anak dan memberi kesempatan lebih untuk bersosialisasi dengan lingkungan. Bagi guru terutama tidak memberikan apresiasi secara khusus kepada anak. Peneliti selanjutnya dapat menemukan perbandingan antara dua orang anak dengan gangguan yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8536

Actions (login required)

View Item View Item