Peningkatan Kemampuan Kinestetik Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di KB Al Ghoniya Malang / Nabila Kamil

Kamil, Nabila (2018) Peningkatan Kemampuan Kinestetik Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di KB Al Ghoniya Malang / Nabila Kamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamil Nabila. 2017. Peningkatan Kemampuan Kinestetik Anak Usia 3 - 4 Tahun Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di KB Al Ghoniya Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (II) Leni Gonadi S.Pd M.Pd. Kata kunci Kecerdasan Kinestetik Gerak dan Lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan gerak dan lagu terhadap peningkatan kemampuan kinestetik anak usia 3-4 tahun di KB Al Ghoniya Malang. Berdasarkan hasil observasi terhadap kemampuan kinestetik anak yaitu kemampuan melakukan gerakan terkoordinasi dan lincah didapatkan data 10 anak belum berkembang dalam melakukan gerakan terkoordinasi dan 11 anak belum berkembang dalam melakukan gerakan dengan lincah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 anak 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar observasi catatan tindakan guru penilaian dan pedoman wawancara. Tahapan analisis data dilakukan dengan mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kinestetik anak meningkat dalam kemampuan melakukan gerakan terkoordinasi dan lincah dengan diterapkannya kegiatan gerak dan lagu. Peningkatan kemampuan kinestetik anak ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan anak pada tiap siklus. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan kinestetik anak dengan diperoleh keberhasilan yang ditunjukkan pada siklus 1 anak mampu melakukan gerakan terkoordinasi sebanyak 6 anak meningkat menjadi 13 anak di siklus 2. Anak mampu bergerak dengan lincah sebanyak 5 anak pada siklus 1 meningkat menjadi 12 anak pada siklus 2. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat menggunakan kegiatan gerak dan lagu yang lebih bervariasi guna meningkatkan kemampuan anak yang belum diteliti oleh peneliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8535

Actions (login required)

View Item View Item