Pelaksanaan evaluasi diri menuju standar nasional pendidikan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang Kabupaten Malang / Mutiara Cakrawala

Cakrawala, Mutiara (2018) Pelaksanaan evaluasi diri menuju standar nasional pendidikan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang Kabupaten Malang / Mutiara Cakrawala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cakrawala, Mutiara. 2018. Pelaksanaan Evaluasi Diri Menuju Standar Nasional Pendidikan Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn (II) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Evaluasi Diri, Standar Nasional Pendidikan. Evaluasi diri merupakan kegiatan perbaikan untuk kemajuan sekolah. Menurut Kepala Sekolah TK ABA IV Lawang Ibu Suliyati, para pendidik atau guru di sekolah tersebut menganggap evaluasi diri merupakan kegiatan untuk mencari-cari kesalahan. Berdasarkan hasil observasi oleh peneliti terdapat permasalahan, antara lain: 1) Kurangnya pengetahuan para pemangku kepentingan tentang pelaksanaan evaluasi diri, 2) Kurangnya kesadaran para pelaku lembaga pentingnya evaluasi diri dan 3) Kurangnya motivasi oleh pengelola lembaga selaku atasan. Tujuan penelitian ini yaitu:ÔÇ£Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi diri di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV LawangÔÇØ. Sub-sub:a) Untuk mengetahui siapa dan bagaimanakah keterlibatan pihak-pihak di dalam pelaksanaan evaluasi diri, b) Untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi diri di TK ABA IV Lawang Kabupaten Malang, c) Untuk mengetahui apa tindak lanjut dari hasil evaluasi diri di TK ABA IV Lawang Kabupaten Malang, dan d) Untuk mengetahui apakah hambatan dalam pelaksanaan evaluasi diri di TK ABA IV Lawang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif.Jenis metode penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, para pendidik/gurudan wali murid TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar wawancara, lembar angket, dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang Kabupaten Malang melaksanakan evaluasi diri dalam bentuk Supervisi Internal dan Pertemuan Rutin, dengan pelaksanaansebagai berikut: 1) Penyampaian program, 2) Paparan ketercapaian program, dan 3) Tindakan berupa perbaikan dan komunikasidengan melibatkan kepala sekolah sebagai perencana sekaligus supervisor, para pendidik atau guru dan wali murid berperan sebagai pelaksana program. Hasil evaluasi diri berupa pelaksanaan, ketercapaian program dan perbaikan untuk ditindaklanjuti dengan cara penambahan program, perbaikan personil dan masukan bagi pelaksanaan evaluasi diri untuk kedepannya. Faktor penghambatkurang terbuka, kedekatan personal, dan karakter para pendidik dan wali murid serta alat ukur yang digunakan dalam pelaksanaan evaluasi diri. Pelaksanaan evaluasi diri diharapkan kerjasama yang baik karena mempengaruhi kinerja sekolah. Pihak sekolah berkoordinasi bersama merancang alat yang digunakan dalam pelaksanaan evaluasi diri. Kepala Sekolah melakukan pembinaan dengan pendekatan personal atau mengundang narasumber agar para pendidik atau guru dan wali murid agar termotivasi dalam memajukan sekolah demi kepentingan bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8534

Actions (login required)

View Item View Item