Pelaksanaan metode ummi dalam pembelajaran membaca al-Qur'an anak kelompok B di RA At Tibyan Kecamatan Blimbing Kota Malang tahun ajaran 2016/2017 / Nur Habibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan metode ummi dalam pembelajaran membaca al-Qur'an anak kelompok B di RA At Tibyan Kecamatan Blimbing Kota Malang tahun ajaran 2016/2017 / Nur Habibah

Habibah, Nur (2018) Pelaksanaan metode ummi dalam pembelajaran membaca al-Qur'an anak kelompok B di RA At Tibyan Kecamatan Blimbing Kota Malang tahun ajaran 2016/2017 / Nur Habibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Habibah Nur. 2017. Pelaksanaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al Quran Anak Kelompok B Di Ra At Tibyan Kecamatan Blimbing Kota Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd Kata Kunci Metode Ummi Pembelajaran Membaca Al Quran Anak Usia dini Membaca Al Quran wajib bagi seluruh umat islam sejak usia dini perlu diajarkan membaca Al Quran. Pada penelitian ini menggunakan metode ummi sebagai metode membaca Al Quran. Metode ummi terfokus kepada tiga hal yaitu metode yang bermutu guru yang bermutu dan sistem yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca Al Quran menggunakan metode ummi 2) kendala dan hambatan yang muncul dan 3) hasil pelaksanaan pembelajaran membaca Al Quran menggunakan metode ummi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan data yang diperoleh akan dihimpun dalam bentuk kalimat naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sesuai analisis data diperoleh hasil data pertama pelaksanaan pembelajaran membaca Al Quran menggunakan metode ummi pada kelompok B dilaksanakan 90 menit 5 kali dalam seminggu. Kedua kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran adalah anak yang mengalami pembelajaran yang tertinggal dan kemampuan yang lambat. Ketiga hasil yang bisa terlihat pada anak selama pembelajaran berlangsung adalah kualitas pembelajaran membaca Al Quran anak menjadi lebih baik pelafalan makhorijul huruf dan bacaan panjang pendek anak semakin lebih baik. Hasil penelitian tersebut telah dicek keabsahannya melalui triangulasi dan ketekunan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian kualitas bacaan anak semakin lebih baik dan pelaksaan pembelajaran membaca Al Quran jadi semakin efektif setelah anak menggunakan metode ummi. Mengingat pentingnya metode ummi sebagai metode dalam pembelajaran membaca Al Quran maka perlu diberikan inovasi yang lebih menarik agar pembelajaran tersebut dapat dilaksanakan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8532

Actions (login required)

View Item View Item