Penerapan permainan bola gayung untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada kelompok A di RA Perwanida 03 Karangnongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Riski Yulia Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan bola gayung untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada kelompok A di RA Perwanida 03 Karangnongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Riski Yulia Lestari

Lestari, Riski Yulia (2018) Penerapan permainan bola gayung untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada kelompok A di RA Perwanida 03 Karangnongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Riski Yulia Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Riski Yulia. 2017. Penerapan permainan bola gayung untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada kelompok a di ra perwanida 03 karangnongko kecamatan poncokusumo kabupaten malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd. Kata Kunci Motorik Kasar Bola Gayung Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di RA Perwanida 03 Karangnongko Poncokusumo ditemukan bahwa perkembangan motorik kasar anak belum berkembang secara optimal. Salah satu penyebab kurang berkembangnya motorik kasar adalah kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan motorik kasar jarang dilaksanakan dan media yang digunakan juga kurang bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) bagaimana meningkatkan kemampuan motorik kasar dengan media permainan bola gayung untuk di kelompok A di RA Perwanida 03 Karangnongko (2) apakah penerapan permainan bola gayung dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar di kelompok A di RA Perwanida 03 Karangnongko Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian sebanyak 20 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 1I siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Kualitas pembelajaran sebelum menggunakan media gayung belum optimal diketahui melalui catatan lapangan bahwa anak tidak memperhatikan guru kurang bersemangat saat bermain dan media juga kurang atraktif setelah pemberian tindakan dengan bermain bola gayung anak lebih antusias dalam bermain dan fokus dalam kegiatan pembelajaran maka dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan bola gayung lebih menarik perhatian anak dan kemampuan motorik kasar anak juga meningkat. Hasil peningkatan kemampuan motorik kasar anak dengan menggunakan permainan bola gayung menunjukan peningkatan untuk ketercapaian dalam pratindakan jumlah anak yang berhasil 6 dari 20 anak 55 1% (belum berkembang). Pada siklus I jumlah anak yang berhasil 11 dari 20 anak 62 5% (mulai berkembang). Pada siklus II jumlah anak yang berhasil 17 dari 20 anak 85% (berkembang sangat baik). Adapun saran yang dikemukakan peneliti adalah 1) guru harus lebih inovatif dan kreatif dalam menciptakan permainan 2) guru harus di dukung dan di motivasi untuk menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi 3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa membuat pembelajaran yang lebih berkreasi berwawasan dan inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8531

Actions (login required)

View Item View Item