Penerapan metode proyek untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak Klompok B TK Kartika IV-OI Kota Malang / Anniesa Ritmaratrie - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode proyek untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak Klompok B TK Kartika IV-OI Kota Malang / Anniesa Ritmaratrie

Ritmaratrie, Anniesa (2017) Penerapan metode proyek untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak Klompok B TK Kartika IV-OI Kota Malang / Anniesa Ritmaratrie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Ritmaratrie Anniesa. 2017. Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B TK Kartika IV-I Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Sandy Tegariyani Putri S S.Pd M.Pd Kata Kunci metode proyek kecerdasan naturalis anak kelompok B Hasil observasi pada kelompok B di TK Kartika IV-I Kota Malang menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis anak kelompok B belum berkembang optimal. 9 anak dari 15 anak masih memiliki tingkat kecerdasan naturalis yang rendah. Berikut hal-hal yang ditemukan pada anak saat observasi antara lain (1) memetik tanaman di halaman sekolah (2) menginjak bunga hias yang merambat (3) mencoret pohon di halaman sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut (1) mendeskripsikan penerapan metode proyek untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B TK Kartika IV-I Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan kecerdasan naturalis anak kelompok B TK Kartika IV-I Kota Malang. Penelitian ini diharapkan mampu mendeskripsikan kedua hal tersebut Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari pelaksanaan dan pengamatan. Data diperoleh dari hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 15 anak. Hasil penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) menetapkan tema pembelajaran (2) menyiapkan alat dan bahan (3) menanam sayur kangkung (4) merawat tanaman sayur (5) memanen sayur kangkung (6) mengolah bersama tanaman sayur kangkung (7) memberikan penilaian dapat menunjukkan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B TK Kartika IV-I Kota Malang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan capaian perkembangan anak dimana skor pada pratindakan 21 4% meningkat menjadi 40% di pelaksanaan siklus I. Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebanyak 53% dari pelaksanaan siklus I dengan tingkat ketercapaian kecerdasan naturalis mencapai 93%. Penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa penerapan metode proyek dalam pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Saran bagi peneliti lain agar lebih inovatif dalam mengembangkan kegiatan metode proyek penyampaian pembelajaran dengan metode proyek menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak. Saran bagi guru lebih jeli dan peka mengenai kecerdasan naturalis yang dimiliki anak pemberian aturan-aturan pembelajaran diperjelas hingga anak memahami aturan pembelajaran yang ada. ABSTRACT Ritmaratrie Anniesa. 2017. Implementation of Project Methods Improve Children s Naturalist Intelligence of Group B T Kartika IV-I Kindergarten Malang City. Thesis Teacher Education Study Program of Early Childhood Education Department of Primary and Pre-School Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisor (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Sandy Tegariyani Putri S S.Pd M.Pd Keywords project method naturalist intelligence child group B The result of observation in group B in Kindergarten Kartika IV-I Malang City showed that the naturalist intelligence of children of group B has not developed optimally. 9 children out of 15 children still have low levels of naturalist intelligence. The following things found in the child during observation include (1) picking plants in the schoolyard (2) stepping on the creeping creepers (3) crossing out trees in the schoolyard This research was conducted with the following objectives (1) to describe the application of project method to improve the naturalist intelligence of children of group TK Kartika IV-I Malang (2) to describe the improvement of naturalist intelligence of children group TK Kartika IV-I Malang. This research is expected to be able to describe these two things This study uses a classroom action research design. Each cycle consists of execution and observation. Data obtained from observation interview and documentation. This study was conducted in 2 cycles each cycle consisted of 2 meetings. Subjects were 15 children. The results of research with the steps as follows (1) set the theme of learning (2) prepare the tools and materials (3) grow vegetables kale (4) treat vegetables (5) harvest vegetables kale (6) (7) provide an assessment can show that the implementation of project method can improve the naturalist intelligence of children group TK Kartika IV-I Malang City. This is evidenced by the increased achievement of children where the score on preaction 21.4% increased to 40% in the implementation of cycle I. In the implementation of cycle II there was an increase of 53% of the implementation of cycle I with the level of naturalist intelligence achievement reached 93%. This study finds the conclusion that the application of project methods in learning can improve the child s naturalist intelligence. Suggestions for other researchers to be more innovative in developing project method activities the delivery of learning by project method using child-friendly language. Suggestions for teachers more observant and sensitive about the naturalist intelligence of children giving the rules of learning clarified until the child understands the rules of learning that exist. have not reached the KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8528

Actions (login required)

View Item View Item