Peningkatan kreativitas anak melalui permainan konstruktif lego pada kelompok B KB/TK Masyitoh Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto / Ade Isfarziah Nilam Ayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kreativitas anak melalui permainan konstruktif lego pada kelompok B KB/TK Masyitoh Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto / Ade Isfarziah Nilam Ayu

Ayu, Ade Isfarziah Nilam (2017) Peningkatan kreativitas anak melalui permainan konstruktif lego pada kelompok B KB/TK Masyitoh Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto / Ade Isfarziah Nilam Ayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayu Ade Isfarziah Nilam. 2017. Peningkatkan Kreativitas Anak melalui Permainan Konstruktif Lego pada Kelompok B KB/TK Masyitoh Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Skripsi Program Studi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Aanak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd. Kata kunci kreativitas permainan konstruktif lego Hasil dari observasi pada kelompok B2 di KB/TK Masyitoh Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto menunjukkan bahwa 5 dari 20 anak masih memiliki kreativitas yang kurang optimal dan tergolong dalam kriteria belum berkembang. Faktor penyebabnya adalah anak kurang mempunyai rasa ingin tahu yang luas dan mendalam keterbatasan media sebagai sumber bahan eksplorasi anak kurangnya referensi guru dalam mengembangkan pembelajaran serta latar belakang pendidik yang kurang linear untuk menjadi pengajar anak usia 5-6 tahun. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses penggunaan permainan konstruktif lego untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B2 di KB/TK Masyitoh Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto (2) apakah ada peningkatan kreativitas anak pada proses penggunaan permainan konstruktif lego kelompok B2 di KB/TK Masyitoh Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto . Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap. Tahapan ini adalah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan reduksi data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan konstruktif lego ini dapat meningkatkan kreativitas anak. Aspek ketercapaian anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk sebesar 80%. Persentase ketercapaian anak dalam aspek mengklasifikasikan benda berdasarkan warna sebesar 75%. Persentase ketercapaian anak dalam aspek anak dapat menyebutkan kembali hasil karya yang telah dibuatnya sebesar 80% Selanjutnya persentase ketercapaian kreativitas anak pada proses penggunaan media permainan konstuktif lego dikatakan meningkat sesuai dengan tingkat ketercapaian anak sebesar 90%. Peneliti memberikan kesimpulan bahwa penerapan permainan konstruktif lego dapat meningkatkan kreativitas anak KB/TK Masyitoh Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Peneliti juga memberikan saran bagi guru untuk dapat menggunakan penerapan permainan konstruktif lego ini dalam proses pembelajaran. Kemudian bagi peneliti lebih lanjut diharapkan mampu memberikan media permainan konstruktif lego yang lebih banyak dibandingkan dengan yang diberikan oleh peneliti sebelumnya dengan tujuan agar tidak terjadinya kekurangan media permainan. Sehingga penelitian akan berjalan dengan efektif tanpa adanya kendala. ABSTRACT Ayu Ade Isfarziah Nilam. 2017. The improvement of Children s Creativity through Construction Play Lego for Group B KB/TK Masyitoh Ngoro Sub-district Mojokerto Regency. Undergraduate Thesis Early Childhood Education Study Program Department of Education of Elementary School and Preschool Faculty of Education Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd. Keywords creativity construction play lego The result of the observation showed that 5 of 20 children from group B2 at KB/TK Masyitoh Ngoro sub-district Mojokerto regency had less creativity and it was categorized as undeveloped. The main causes were young children had less curiosity lack of the media that can be used by young children lack of references that used by the teacher and the background of the teacher to teach the young children at the age of 5-6 years. The research problems of this study were (1) How is construction play lego improve the creativity of group B2 students at KB/TK Masyitoh Ngoro sub-district Mojokerto regency (2) whether there is an increase in children s creativity in the process of constructive use of game lego group B2 in KB / TK Masyitoh District Ngoro Mojokerto District . This research was conducted by using qualitative and quantitative design also using classroom action research as a method. This research was consisted of two cycle cycle I and cycle II which was every cycle consisted of four steps. There was planning acting observing and reflecting. The data was collected from observation interview and documentation. The data analysis was consisted of data reduction data display description and draw the conclusion. The result of this research showed that the implementation of construction play lego could improve children s creativity. In the terms of classify things based on its shapes the percentage of the successful was 80%. While the percentage of the successful in terms of classify things based on the colors was 75%. Last the percentage of achievement of children s creativity in the aspect is able to mention the result that has been made by 90% The researcher concluded that the implementation of construction play lego could improve the creativity of the students in KB/TK Masyitoh Ngoro sub-district Mojokerto regency. The researcher also suggested the teacher to use this construction play lego in their teaching and learning process. Then for further researchers are advised to do research that is almost the same as using other media such as natural materials for children not bored and more interesting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8527

Actions (login required)

View Item View Item