Pengunaan media piramida cerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 yahun di RA Ritadhul Jannah Kelurahan Jombang Kabupaten Jombang / Rahmi Sholikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengunaan media piramida cerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 yahun di RA Ritadhul Jannah Kelurahan Jombang Kabupaten Jombang / Rahmi Sholikhah

Sholikhah, Rahmi (2017) Pengunaan media piramida cerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 yahun di RA Ritadhul Jannah Kelurahan Jombang Kabupaten Jombang / Rahmi Sholikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solikhah Rahmi. 2017. Penggunaan Media Piramida Cerita untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di RA Riyaadhul Jannah Kelurahan Jombang Kabupaten Jombang. Skripsi. Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Media Piramida Cerita Anak Kelompok B1 Keterampilan berbicara merupakan proses mengungkapkan pikiran perasaan dan ide melalui kalimat terstruktur yang di dalamnya terdapat proses bertanya menjawab bercerita dan berbicara kepada orang lain. Berdasarkan hasil observasi terhadap 29 anak kelompok B1 di RA Riyaadlul Jannah terdapat 15 anak di kelompok B1 yang belum mampu mengutarakan pikiran dan perasaannya dengan percaya diri. Dari hasil observasi tersebut kemampuan bicara anak masih belum sesuai dengan indikator perkembangan kemampuan bicara anak usia 5-6 tahun. Hal tersebut dikarenakan anak kurang antusias dalam kegiatan bercerita di kelas serta media yang digunakan kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini meliputi 1) untuk mendeskripsikan proses penggunaan media piramida cerita di RA Riyaadlul Jannah Kelurahan Jombang Kabupaten Jombang 2) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara yang terjadi pada anak setelah adanya pembelajaran dengan menggunakan media piramida cerita di RA Riyaadlul Jannah Kelurahan Jombang Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis MC Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan penelitian observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 RA Riyaadlul Jannah yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kegiatan pembelajaran setelah pemberian tindakan mengalami peningkatan berdasarkan respon yang diberikan anak yang dengan antusias mengikuti kegiatan bercerita. (2) Hasil pembelajaran juga mengalami peningkatan setelah pemberian tindakan menggunakan media piramida cerita. Pada proses observasi dan pra tindakan kemampuan berbicara masih belum optimal dan belum sepenuhnya mencapai indikator perkembangan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Setelah pemberian tindakan persentase capaian keberhasilan meningkat di setiap aspeknya yaitu pada aspek A dengan persentase sekitar 75 9% dengan jumlah 22 anak aspek B dengan persentase sekitar 79 3% dengan jumlah 23 anak dan aspek C dengan persentase 86 2% dengan jumlah 25 anak. ABSTRACT Solikhah Rahmi. 2017. The Implementation of Pyramid Story Media to Imrove the Speaking Abilities of children aged 5-6 years in RA Riyaadhul Jannah Jombang Sub-Dstrict Jombang Regency. Minor Thesis. Study Prgram of Early Childhood Education Department of Preschool and Elementary Education Faculty of Education Sate University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Wuri Astuti S.Pd. Keywords Speaking Abilities Pyramid Story Media Children of B1 Group Speaking abilities is the process of expressing thoughts feelings and ideas through structured sentences which provide the process of asking answering telling stories and talking to others. Based on observations of 29 children of group B1 in RA Riyaadlul Jannah there are 15 children in the B1 group who have not been able to express their thoughts and feelings confidently. From the observation results the ability of children speaking skills has not been obtained the indicators of children speaking development aged 5-6 years. This is because the children are less enthusiastic in the story-telling activities in the classroom and the media used are less varied. This study aims 1) to describe the process of using the story pyramid media in RA Riyaadlul Jannah Jombang Subdistrict Jombang Regency 2) to describe the improvement of speaking skills which is implemented on children after learning by using the story pyramid media in RA Riyaadlul Jannah Jombang Sub-District Jombang Regency. This study used a classroom action research design by applying a cycle model developed by Kemmis MC Taggart. This research was carried out in two cycles including the planning phase the implementation of the research action observation and reflection. Each cycle was held in 2 meetings. Research subjects were children of B1 group at RA Riyaadlul Jannah which amounted to 29 children. Data collection techniques used in this research are interviews observations and documentations. The research used qualitative and quantitative data analysis. The results of this study indicate that 1) learning activities has increased after postliminary action based on the response given by children who enthusiastically follow the activities of storytelling. (2) the learning outcomes also increase after giving postliminary action by using pyramid story media. In the process of observation and pre-action the speaking ability is still not optimal and has not fully achieved the indicators of speaking skills development of children aged 5-6 years. It can be concluded that there are some improvements after postliminary action giving by the teacher using pyramid story media. The quantitative improvements results are A aspect has obtained about 75.9% by the number of 22 children B aspect has obtained about 79.3% by the number of 23 children and C aspect has obtained about 86.2% by the number of 25 children.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8525

Actions (login required)

View Item View Item