Hasil pelaksanaan program stimulasi motorik kasar anak usia 2-3 tahun di TPA Assakinah Sengkaling Malang / Farah Adiba Nailul Muna - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil pelaksanaan program stimulasi motorik kasar anak usia 2-3 tahun di TPA Assakinah Sengkaling Malang / Farah Adiba Nailul Muna

Muna, Farah Adiba Nailul (2017) Hasil pelaksanaan program stimulasi motorik kasar anak usia 2-3 tahun di TPA Assakinah Sengkaling Malang / Farah Adiba Nailul Muna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muna Farah Adiba Nailul. 2017. Hasil Pelaksanaan Program Stimulasi Motorik Kasar Anak Usia 2-3 Tahun di TPA Assakinah Sengkaling Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Program Stimulasi Motorik Kasar TPA Motorik kasar merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang harus distimulasi dengan tepat oleh pendidik (orangtua dan guru). Faktanya tidak semua anak mendapatkan stimulasi motorik kasar yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Hal ini dikarenakan kurangnya program stimulasi motorik yang diberikan oleh orangtua di rumah atau tidak optimalnya pembelajaran fisik motorik di lembaga PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat 1) bagaimana pelaksanaan program stimulasi motorik kasar 2) kendala atau hambatan yang muncul dan 3) hasil pelaksanaan program stimulasi motorik kasar pada anak usia 2-3 tahun di TPA Assakinah Sengkaling Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan data yang diperoleh akan dihimpun dalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan meningkatkan ketekunan penelitian diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Penelitian yang dilakukan telah dianalisis sehingga menghasilkan temuan- temuan penelitian yaitu pertama pelaksanaan program stimulasi motorik kasar anak usia 2-3 tahun dilaksanakan 3 kali seminggu selama 90 menit. Kedua kendala yang dihadapi selama proses stimulasi berkaitan dengan kondisi anak seperti rewel menangis dan kurang sehat. Ketiga hasil yang bisa terlihat pada anak selama program stimulasi berlangsung adalah anak menjadi lebih mandiri berani aktif mampu berinteraksi dan keterampilan motoriknya berkembang dengan baik. Hasil penelitian tersebut telah dicek keabsahannya melalui triangulasi dan ketekunan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran motorik kasar berjalan efektif anak-anak mengalami banyak perubahan dalam kemampuan fisik motoriknya setelah diberikan stimulasi. Mengingat pentingnya stimulasi motorik kasar maka program stimulasi ini dapat disosialisasikan ke lembaga TPA yang lain. Perlunya guru berinovasi agar stimulasi terlaksana lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8523

Actions (login required)

View Item View Item