Penggunaan media miniatur rumah dalam kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK ABA 17 Malang / Yuliana Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media miniatur rumah dalam kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK ABA 17 Malang / Yuliana Rahayu

Rahayu, Yuliana (2017) Penggunaan media miniatur rumah dalam kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK ABA 17 Malang / Yuliana Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliana Rahayu. 2017. Penggunaan Media Miniatur Rumah Dalam Kegiatan Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Tk Aba 17 Malang Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Suharjo M.S M.A (II) Wuri Astuti S.Pd Kata Kunci kemampuan berbicara media miniatur anak kelompok B kegiatan bercerita. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan terkait dengan aspek berbicara pada anak Kelas B1 di TK ABA 17 Malang. Berdasarkan observasi awal dapat diketahui bahwa ada berbagai macam masalah yaitu anak belum dapat menjawab pertanyaan tentang suatu informasi yang diberikan oleh guru belum dapat berkomunikasi dan menceritakan diri dengan lengkap belum dapat menyusun kalimat sederhana dengan struktur lengkap dan belum mau mengekspresikan ide kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui penggunaan media miniatur pada kegiatan bercerita pada anak kelompok B TK ABA 17 Malang. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara melalui penggunaan media miniatur pada kegiatan bercerita pada anak Kelompok B di TK ABA 17 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif dengan model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B1 TK ABA 17 Malang yang berjumlah 17 anak. Objek penelitian ini adalah aspek berbicara pada penggunaan media miniatur rumah dalam kegiatan bercerita. Teknik pengumpulan data adalah observasi hasil karya wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media miniatur rumah dalam kegiatan bercerita pada kelompok B di TK ABA 17 Malang. Pada indikator 3.11.1 pada siklus 1 sebanyak 6 anak dan siklus 2 sebanyak 13 anak. Pada indikator 3.11.3 peningkatan pada siklus 1 sebanyak 10 anak dan pada siklus 2 sebanyak 11 anak. Pada indikator 3.11.4 pada siklus 1 sebanyak 7 anak dan meningkat siklus 2 sebanyak 12 anak. Penelitian ini menggunakan 5 langkah dalam kegiatan bercerita dengan menggunakan media miniatur rumah. Penelitian dengan menggunakan media miniatur rumah dalam kegiatan bercerita ini terbukti berhasil meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara. Saran yang diberikan peneliti kepada guru adalah lebih kreatif dalam pembuatan media pembelajaran. Saran kepada sekolah adalah lebih dapat menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8521

Actions (login required)

View Item View Item