Profil pembelajaran kelompok bermain PAUDKu di Desa Kendalpayak Kabupaten Malang / Soraya Andari Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pembelajaran kelompok bermain PAUDKu di Desa Kendalpayak Kabupaten Malang / Soraya Andari Putri

Putri, Soraya Andari (2017) Profil pembelajaran kelompok bermain PAUDKu di Desa Kendalpayak Kabupaten Malang / Soraya Andari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Soraya Andari. 2017. Profil Pembelajaran Kelompok Bermain Paudku Di Desa Kendalpayak Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. H. Abdul Huda M.Pd Kata Kunci Pendidik profil pembelajaran kb paudku. Sebagai seorang guru/pendidik diharapkan mampu untuk merangsang dan mentimulasi setiap perkembangan kecerdasan anak terutama dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses belajar yang dilakukan pendidik di Kelompok Bermain PAUDKU di Desa Kendalpayak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebelum memulai proses belajar pendidik mempersiapkan perencanaan terlebih dahulu sebagai acuan untuk pelaksanaan belajar mengajar. Mempersiapkan RPP yang sudah disusun sebagai acuan untuk melaksanakan proses pembelajaran. Kemudian pendidik mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan seperti buku gambar lembar kerja pensil warna crayon penghapus pensil kertas lipat lem gunting. Pada tahap pelaksanaan proses pembelajaran dapat dimulai dengan kegiatan awal seperti menyanyi apersepsi kegiatan inti seperti tanya jawab menjelaskan tema pemberian tugas di kegiatan akhir terdapat hasil evaluasi belajar menyanyi pesan moral. Proses evaluasi dilakukan pada hari itu juga sesuai dengan tema di KB PAUDKU. Peneliti juga menemukan pendidik di KB PAUDKU bukan lulusan S1 Pendidikan Anak Usia Dini. Peneliti juga menemukan dalam pembuatan RPP penulisan kalimatnya kurang tepat dan ada beberapa kalimat kurang diperjelas pendidik juga melakukan konsep BCCT dalam pembelajaran. Pendidik melakukan pembelajaran tidak hanya di dalam kelas pendidik mengajak anak belajar diluar kelas dan belajar kerja nyata. Di KB PAUDKU terdapat juga kendala yang dihadapi pendidik yaitu salah satu pendidik tidak mau bekerjasama dan memiliki sikap egois. Dengan adanya kendala tersebut maka diperlukan solusi yaitu para pendidik akan mendiskusikannya dengan Kepala Sekolah pokok masalah dan mencari solusi agar tidak berlarut-larut. ABSTRACK Putri Soraya Andari. 2017. Learning Profile Play Group Paudku In Kendalpayak Village Malang Regency. Thesis Department of KSDP Faculty of Education Malang University. Counselor (I) Prof. Dr. H. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. H. Abdul Huda M.Pd Key Words Educator profile learning kb paudku. As a teacher / educator is expected to be able to stimulate and simulate every development of children s intelligence especially in improving the cognitive abilities of children. This research was conducted with the aim to describe the learning process conducted by educators in PAUDKU Play Groups in Kendalpayak Village. This research uses qualitative research design of case study. The data were collected using observation interview and documentation techniques.Based on the analysis of data obtained results before starting the learning process of educators preparing advance planning as a reference for the implementation of teaching and learning. Preparing the RPP that has been prepared as a reference to implement the learning process. Then educators prepare tools and materials used such as drawing books worksheets colored pencils crayons erasers pencils folding paper glue scissors. In the implementation stage of the learning process can be started with the initial activities such as singing apperception core activities such as question and answer explaining the theme giving tasks in the final activity there is the evaluation of learning singing moral message. The evaluation process was done on the same day according to the theme in KB PAUDKU. Researchers also found educators in PAUDKU is not a graduate of Early Childhood Education. Researchers also found that in making RPP the writing of sentences is less precise and there are some less clarified sentences educators also do the concept of BCCT in learning. Educators do not only learn in the classroom educators invite children to learn outside the classroom and learn real work. In PAUDKU there are also obstacles faced by educators that is one of the educators do not want to cooperate and have selfish attitude. Given these constraints the solution is needed that is the educators will discuss it with the principal of the principal problem and find a solution so as not to drag on.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8518

Actions (login required)

View Item View Item