Penggunaan media papan perasaan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A di Puri Asah Dini Saam Sawojajar Malang / Citra Putri Mawarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media papan perasaan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A di Puri Asah Dini Saam Sawojajar Malang / Citra Putri Mawarni

Mawarni, Citra Putri (2017) Penggunaan media papan perasaan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A di Puri Asah Dini Saam Sawojajar Malang / Citra Putri Mawarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mawarni Citra Putri. 2017. Penggunaan Media Papan Perasaan untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Kelompok A di Puri Asah Dini SAAM Sawojajar Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharjo M. S. M. A (II) Suryadi S. Sa. Kata kunci perkembangan sosial emosional anak media papan perasaan Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan karena perkembangan sosial emosional anak belum berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan usia anak. Hal ini disebabkan karena kurangnya stimulasi berupa media yang dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan A. penggunaan media papan perasaan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelompok A di Puri Asah Dini SAAM Sawojajar Kota Malang dan B. peningkatan perkembangan soial emosional anak kelompok A di Puri Asah Dini SAAM Sawojajar Kota Malang dengan penggunaan media papan perasaan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Suharsismi Arikunto dan dilakukan dalam 2 siklus. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data deskriptif kualitatif. Sumber data yang penulis gunakan yaitu siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pemanfaatan media papn perasaan dalam penelitian ini dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak yang dapat dilihat dari indikator bersikap terbuka dan ramah antusias sebanyak 14 anak indikator bercakap-cakap dan menunjukkan emosi yang kuat sebanyak 14 anak dan pada indikator reaksi emosi bersifat individual sebanyak 17 anak. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan perasaan dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelompok A di Puri Asah Dini SAAM Sawojajar Kota Malang. Melihat keberhasilan ini disarankan guru dapat menggunakan media papan perasaan dalam pembelajaran. Bagi peneliti lebih lanjut untuk mengadakan pengembangan sehingga ada inovasi baru dalam pemanfaatan media papan perasaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8513

Actions (login required)

View Item View Item