Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan melalui media kartu angka pada kelompok A TK Al Islamiyah Pasuruan / Rizqi Mubarokah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan melalui media kartu angka pada kelompok A TK Al Islamiyah Pasuruan / Rizqi Mubarokah

Mubarokah, Rizqi (2017) Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan melalui media kartu angka pada kelompok A TK Al Islamiyah Pasuruan / Rizqi Mubarokah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mubarokah Rizqi. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Konsep Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka pada Kelompok A TK Al-Islamiyah Pasuruan . Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Eny Nur Aisyah S.Pdi. M.Pd Kata Kunci Kemampuan Kognitif Konsep Lambang Bilangan Media Kartu Angka Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan karena kemampuan pemahaman konsep lambang bilangan anak belum berkembang dengan optimal. Hasil observasi ditemukan 9 dari 42 anak belum mengerti tentang konsep lambang bilangan dan urutan bilangan 16 dari 42 anak mengerti tentang urutan lambang bilangan tetapi belum mengerti tentang konsep lambang bilangan serta 17 dari 42 anak sudah mengerti urutan dan konsep lambang bilangan. Tujuan dari rancangan penggunaan media kartu angka adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan kelompok A TK Al-Islamiyah Pasuruan. Rancangan tersebut berupa kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak hal tersebut perlu menggunakan media yang inovatif untuk mencapai perkembangan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan. Model penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan kolaborasi dengan guru yang terdiri dari 2 sikus 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan dokumentasi serta instrumen ketercapaian anak. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok A TK Al-Islamiyah Pasuruan dengan jumlah 42 anak yang terdiri dari 20 anak laki-laki dan 22 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media kartu angka dapat meningkat aspek yang dicapai yaitu (a) menghubungkan gambar dengan lambang bilangan (b) mengurutkan lambang bilangan (c) menulis angka dipapan tulis. Hal ini terbukti pada hasil persentase ketercapaian anak selama pra tindakan sebesar 41% kemudian meningkat pada siklus I menjadi sebesaar 53% sampai siklus II ketercapaian anak melebihi indikator yang diharapkan yaitu menjadi sebesar 81%. Berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok A TK Al-Islamiyah Pasuruan. Oleh karena itu penerapan media kartu angka dalam mengenal konsep lambang bilangan melalui media kartu angka sangat disarankan dikarenakan media tersebut sangat menarik dan menyenangkan bagi anak. ABSTRACT Mubarokah Rizqi. 2017. Efforts to Improve the Cognitive Ability of Children in Understanding the Concept of Numbers Through Numbers Card Media in Group A TK Al-Islamiyah Pasuruan . Thesis - S1 Early Childhood Education Department of Education Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Eny Nur Aisyah S.Pdi. M.Pd Keywords Cognitive Ability Number symbol concept number card media Cognitive ability in recognizing the concept of the number symbol in the children of group A TK Al-Islamiyah Pasuruan based on the results of observation 9 of 42 children do not understand the concept of symbol number and sequence of numbers 16 of 42 children understand about the sequence of numbers but not understand the concept of the symbol of numbers and 17 of the 42 children already understand the sequence and the concept of the number symbol. Based on the results of the observation it is necessary to designed learning to improve the cognitive abilities of children in recognizing the concept of group number A TK Al-Islamiyah Pasuruan. The design is in the form of learning activities in accordance with the characteristics of children it is necessary to use innovative media to achieve the development of cognitive abilities of children in recognizing the concept of symbol number. That is realized with the media Card Numbers . This study used classroom action research design in collaboration with teachers consist of 2 cycles in 4 stages namely (1) planning (2) implementation (3) observation (4) reflection. Data collection used consisted of observation sheet and documentation also an instrument of child s achievement. Research subjects were children of group A TK Al-Islamiyah Pasuruan with 42 children consisting of 20 boys and 22 girls. The result of the research shows that the learning activity using the number card media can be increased the aspects achieved are (a) connecting the image with the number symbol (b) sorting the number symbols (c) writing numbers on the board.This is attributable to the percentage achievement of children during pre-action by 41% then increased in cycle I to 53% until the second cycle of child s achievement exceeds the expected indicator that is 81%. Based on the findings of the researcher it can be concluded that the use of numerical card media can improve the cognitive ability of children in group A TK Al-Islamiyah Pasuruan. Therefore the application of the number card media in recognizing the concept of number symbols through the media of card numbers is highly recommended because the media is very interesting and fun for children.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8510

Actions (login required)

View Item View Item