Pemanfaatan pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang I <BR>oleh Dyah Resti Wirani

Wirani, Dyah Resti (2002) Pemanfaatan pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang I <BR>oleh Dyah Resti Wirani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABST'RAK Wirani, Dvah Resti. 20O2. I'eman/aatqn Pakel I'emhektluran lJarhanlutttt Kontpuler pada fufata I'elaiaran IImu l)engelahuun Skt':ial di A4adra';ah lhtidaivah NeReri Malang 1. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan FIP tlniversitas Negeri Malanq Pembimbing: (I) Drs. H Sulton. M Pd. (ll) Drs Sulthoni. I\,1 Pd Kata Kunci: PemanfaatanK.o mDuter,I PS Pemerintah dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Nasional Yaitu mencerdaskakne hidupanb angsa,s elalub erupayam eningkatkank ualitasp endidikan dasagr unam emenuhki ebutuhanp embangunana sionalB. anyaku sahay ang dilakukan oleh pemerintah untuk mengupayakan suatu bentuk pembaharuan dalam bidang pembelajaraqs alahs atunyaa dalahp aket pembelajaranb erbantuank omputer Paket ini sangatm embanru- qurud alam melaksanakanp rosesp emb€lajarany ang mengutamakan terwujudnya keaktifan siswa- schingga siswa dapat secara le luasa menYelesaikan pembelajaran sesuai dengan kemampuannya. Mengacu pada hal tersebut di atas, peneliti berusaha untuk mengung:kap sejauh mana paket pembelajaran berbantuan komputer ini dapat membantu siswa dalam pembelajaran. Untuk mengpn gkap k an pemanf.Btanp a ket pembelajaranb e rbantuank omputer di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang I, rumusan masalah Yang tercakup didalamnya mengenapi ertimbangana pa saja yang mendasarip emanfaatannyab agaimanab entuk paket pembelaiaran tersebut, bagaimanakah wujud pengolahan pesannYa' bagaimanakahta ng.qapang uru dan siswa terhadap pelaksanaannyad an hambatanhambatana pa saiay ang ditentuig uru dan siswad alam melaksanakapna ket tersebut serta usaha-usaha apa saja yang ditempuh oleh guru dan kepala sekolah dalarn meningkatkane fektifitas pelaksanaanp ak€t tersebut. Untuk menjawabp ertanyaand i r1asp, cnelitianin i ciirancangd enganm e.rodep enelitiand esk:iptit dcnganp endekatan kualitatifd an jenis pcnelitiannyaa dalahs tudi kasus. Penelitiani ni dilaksanakand i MadrasahIb tidaiyahN egeri Malang I bulan April - Juni. lnstrurrrcny ang digunakan dalamm enjaringd ataa dalaho bservasiw, awancaras ertaa nalisisd okumen llasil penelitian mengenai pemanfaatan paket pembelajaran berbantuan komputerp adam ata pelaiaranIl mu PengetahuaSn osiald i N{adrasahlb tidaiyahN egeri MalangI adalah sebagaib erikut. (1) Pertimbangan-pcrtimbangavann g mendasari pemanfaatapna ket tersebut.a dalahp aket tcrsebuts csuaid engank arakteristiks iswa, dapatm eniadikanp rosesb elajarr nengajarb erialanl ebih efektif, dapal mcwujudkan kcaktifans iswa.s ertad apat lebih memvisualisasikamna teri,( 2) Bentuk penlanfaatan pakett ersebuta dalah dimanfaatkans ecarai ndividuals ehinugate trnasttkd alamm edia pembclajarainn dividual.m asuk dalam_ iadrvapl clajarank otnputcr dan dipanduo leh gLrrub idanrl studi komputer serta kedudukannYaa dalah sebaqai suplcmcn dari pembelajaraInlm u PengetahuanS osial di kelas bukan sebagaim ateri pokok. (3) Seclangkan 'uiud pcngolahanp esannyaa dalah paket tersebut dirancang dcngan rampilarv. ang menarikd enganm emadukanu nsuf warna,g ambard an suara Selaini tu sisrvad iberi mer,up iJihany ang dipilih sesuaik einginanm erekau ntuk memulaip roses bclajar mengajar serta tidak ketin-qgalan _iuga kegiatan evaluasinYa. Untuk memudahkasni srvad alamm engoperasikannypaa- ket ini dilengkapid enganp eftrnjukpetunjuk mengenai apa yang harus dike{akan: (4) Tanggapan guru dan siswa terhadap pelaksanaan paket tersebut adi,lah bagi sis',va, kegiatan belaiar menga-iar men-iadi sangat menyenan-qkand engan menggunakan paket tersebut, sehingga waktu yang disediakano leh sekolahu ntuk mcnggunakanp aket tersebuth endaknyad itambahl agi Selainit u, paket ini dapatm emperjelasp enyampaianm at€ril lmu PengelahuanS osial sehinggam embantug uru dalam prosesb elajarm engajal;( 5) I{ambatan-hambatanya ng ditemui guru dan siswa dalam pelaksanaannya adalah terbatasnya wakfu yang disediakan sekolah untuk menggunakan komputer serta sebagian kecil siswa mengalami hambatan dalam pengop€rasian paket pembelajaran berbantuan komputcr tersebut. Selaln itu guru bidang studi Ilmu PengetahuanS osial k-r,rrangm enguasai pengoperasiank omputer. Terbatasnya software pendidikan iuga menjadi hambatan dalamp elaksanaanp aket pembelajaranb erbantuank omputer ini: (6) Usaha-usahay ang ditempuhg uru dan kepala sekolah dalam meningJ

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item