Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pada kelompok A di TK Al Jasmeen Banjararum Kabupaten malang / Anisyah Ashari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pada kelompok A di TK Al Jasmeen Banjararum Kabupaten malang / Anisyah Ashari

Ashari, Anisyah (2017) Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pada kelompok A di TK Al Jasmeen Banjararum Kabupaten malang / Anisyah Ashari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ashari Anisyah. 2017. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menjahit Pada Kelompok A di TK El Jasmeen Banjararum Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci Kegiatan Menjahit Motorik Halus. Berdasarkan hasil pengamatan pada kelompok A di TK El Jasmeen Banjararum Kabupaten Malang diketahui bahwa keterampilan motorik halus anak dalam mengkoordinasikan mata dan tangan belum berkembang. 13 anak sulit mengkoordinasikan mata dan tangan anak belum mampu membuat coretan menempel memegang pensil dan masih sulit menggunting. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan kegiatan menjahit yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK El Jasmeen Banjararum Kabupaten Malang 2) Apakah terdapat peningkatan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A setelah diterapkan kegiatan menjahit di TK El Jasmeen Banjararum Kabupaten Malang . Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Analisis deskriptif kualitatif dan Analisis deskriptif kuantitatif. Kegiatan menjahit dalam penelitian ini sebagai berikut a) Guru menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan menjahit anak (b) Guru mengarahkan anak pada tema hari itu (c) Guru menunjukkan contoh menjahit yang sudah jadi kemudian mendemonstrasikan langkah-langkah kegiatan menjahit pada anak (d) anak mengerjakan kegiatan menggunakan benang wol dan jarum (e) anak memberikan hiasan pada jahitan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan menjahit dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A. Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I 46 15% dari 13 anak yang mengalami peningkatan. Pada siklus II 84 61% dari 13 anak mengalami peningkatan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan menjahit dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Peneliti memberikan saran sebagai berikut 1) bagi guru diharapkan dapat menerapkan kegiatan menjahit secara berulang-ulang sesuai kemampuan anak untuk meningkatkan motorik halus 2) bagi peneliti lain disarankan mencoba penelitian dengan menggunakan media dan bahan lain atau menggunakan metode pembelajaran dalam pengembangan aspek perkembangan anak seperti kognitif bahasa atau seni demi pemahaman yang lebih baik dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8504

Actions (login required)

View Item View Item