Penerapan permainan lompat bentuk jaliperse untuk meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri anak Kelompok A di RA Almubarok Kabupaten malang / Diana Tri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan lompat bentuk jaliperse untuk meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri anak Kelompok A di RA Almubarok Kabupaten malang / Diana Tri Utami

Utami, Diana Tri (2017) Penerapan permainan lompat bentuk jaliperse untuk meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri anak Kelompok A di RA Almubarok Kabupaten malang / Diana Tri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Diana Tri. 2017. Penerapan Permainan Lompat Bentuk Jaliperse Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Anak Kelompok A Di Ra Almubarok Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharjo M.S. M.A (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Anak Kelompok A Permainan Konsep Bentuk Geometri. Hasil observasi pada kelompok A di RA-Almubarok Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang menunjukkan bahwa kemampuan dalam membedakan bentuk geometri persegi persegi panajng segitiga lingkaran anak kelompok A belum berkembang optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil rangkuman penilaian pada saat observasi adalah dari 22 anak ada 13 anak atau 59% yang kurang memahami bentuk geometri dan 9 anak atau 41% sudah mulai paham bentuk geometri. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan pemahaman bentuk geometri anak kelompok A di RA Almubarok melalui permainan lompat bentuk Jaliperse dan mendeskripsikan penerapan permainan lompat bentuk Jaliperse untuk meningkatkan pemahan bentuk geometri anak kelompok A. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 22 anak kelompok A RA-Almubarok Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi lembar penilaian pedoman wawancara dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman dan analisis data kuantitatif menurut Rahmawati 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan lompat bentuk jaliperse dapat meningkatkan pemahaman dalam mengenal bentuk geometri anak kelompok A RA-Almubarok Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Hal ini dibuktikan melalui peningkatan capaian perkembangan anak pada pratindakan 41% pada siklus I menjadi 50%. Kemampuan anak memahami konsep bentuk geometri berkembang sangat baik pada siklus II mencapai 81 8% atau meningkat sebanyak 31.8% dari siklus I. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan permainan lompat bentuk jalperse dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memahami konsep bentuk geometri. Saran bagi guru diharapkan bagi guru dapat menerapkan permainan lompat bentuk jaliperse secara berulang-ulang sesuai kemampuana anak untuk meningkatkan kognitif anak dalam pemahaman bentuk geometri. Bagi peneliti lain diharapkan peneliti selanjutnya menggunakan gambar yang lebih bervariasi dan menggunakan bahan yang lebih menarik minat anak dalam belajar. ABSTRACT Utami Diana Tri. 2017. Implementation Jaliperse Jump Shape Game To Increase Understanding Concept of Geometry Shape of Group A Children In Ra Almubarok Malang Regency. Scription Teacher Education Study Program Teachers Early Childhood Education Department of Primary and Pre-School Education Faculty of Education State University of Malang. Counselor (I) Dr. Suharjo M.S. M.A (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd. Keywords Children Group A Game Geometry Concept Form. The result of observation in group A in RA-Almubarok Gedangan Sub-district of Malang Regency shows that the ability to distinguish square geometry square panajng triangle circle of group A children has not developed optimally. This can be seen from the summary results of the assessment at the time of observation is of 22 children there are 13 children or 59% who do not understand the shape of geometry and 9 children or 41% have begun to understand the shape of geometry. The purpose of this study is to describe the increase in understanding the geometry of A group of children in RA Almubarok through Jaliperse jump form game and describe the application of Jaliperse jump form game to improve the formation of the geometry of children of group A. The type of this research is Classroom Action Research (PTK). This study was conducted in 2 cycles each cycle consisted of 2 meetings. Subjects were 22 children of group A RA-Almubarok Gedangan District Malang Regency. Instruments used were observation sheets assessment sheets interview guides documentation. Data analysis in this research using qualitative data analysis according to Miles and Huberman and quantitative data analysis according to Rahmawati 2007. The results showed that jaliperse jump game can increase the understanding in recognizing the geometry shape of the children of group A RA-Almubarok Gedangan Sub-district Malang Regency. This is evidenced through the improvement of child development achievement on pratindakan 41% in the first cycle to 50%. The ability of children to understand the concept of geometric shape is very good in the second cycle reached 81.8% or increased as much as 31.8% of cycle I. The conclusion of this research that the application of jump game form jalperse can improve the ability of children in understanding the concept of geometry form. Suggestions for teachers it is expected for teachers to apply the game jump jaliperse form repeatedly according to the ability of children to improve the child s cognitive understanding of the shape of geometry. For other researchers it is hoped that the next researchers will use more varied images and use materials that are more interesting to the child s interest in learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item View Item