Penerapan bermain membentuk tanah liat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak Kelompok B di TK Negeri Pembina 2 Blimbing Malang / Suci Rahayuningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan bermain membentuk tanah liat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak Kelompok B di TK Negeri Pembina 2 Blimbing Malang / Suci Rahayuningrum

Rahayuningrum, Suci (2017) Penerapan bermain membentuk tanah liat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak Kelompok B di TK Negeri Pembina 2 Blimbing Malang / Suci Rahayuningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayuningrum Suci. 2017. Penerapan Bermain Membentuk Tanah Liat Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B Di Tk Negeri Pembina 2 Blimbing-Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd. Kata Kunci Bermain Membentuk Tanah Liat Motorik Halus. Pengamatan yang dilakukan pada kelompok B kelas B3 TK Negeri Pembina 02 Blimbing-Malang didapatkan hasil bahwa keterampilan motorik halus dari 23 anak yang diobservasi terdapat 6 anak tergolong dalam berkembang dengan baik 12 anak tergolong dalam mulai berkembang dan 5 anak tergolong dalam kriteria belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan bermain membentuk tanah liat pada kelompok B3 TK Negeri Pembina 02 Blimbing-Malang (2) mendeskripsikan peningkatan capaian belajar anak dengan diterapkannya bermain membentuk tanah liat pada kelompok B3 TK Negeri Pembina 02 Blimbing-Malang. Penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus terdiri atas (1) perencanaan (2) pengamatan (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan meliputi data keefektifan pembelajaran data kemenarikan pembelajaran serta data perkembangan bermain anak. Subjek penelitian berjumlah 23 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 10 anak perempuan pada kelompok B usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain membentuk tanah liat dapat meningkatkan capaian belajar anak kelompok B3. Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keberhasilan kelas yang mencapai skor 91 4. Peningkatan skor keberhasilan kelas pada pra tindakan sampai siklus 1 sebesar 17 5 sedangkan pada siklus 1 sampai siklus 2 sebesar 47 9 dan pada skor keberhasilan kelas dari pra tindakan sampai siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 65 4. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain membentuk tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk memperbaiki tindak pembelajaran dan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan bermain membentuk tanah liat untuk meningkatkan capaian belajar yang lain di kompetensi dasar yang berbeda sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8502

Actions (login required)

View Item View Item