Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan new domino kids Kelompok A di TK Taman Indria 01 Malang / Andhina Devy Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan new domino kids Kelompok A di TK Taman Indria 01 Malang / Andhina Devy Indrawati

Indrawati, Andhina Devy (2017) Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan new domino kids Kelompok A di TK Taman Indria 01 Malang / Andhina Devy Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Devy I Andhina. 2017. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan New Domino Kids pada Kelompok A di TK Taman Indria 01 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M. Sn (II) Evania Yafie S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Kognitif permainan New Domino Kids Malang Kemampuan kognitif sangat diperlukan dalam keberhasilan anak usia dini belajar aspek-aspek pengembangan kemampuan memasangkan dan mengklasifikasikan. Hasil observasi pendahuluan diketahui bahwa kemampuan kognitif anak TK Taman Indria 01 Malang belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan permainan New Domino Kids yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Taman Indria 01 Malang (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif kelompok A di TK Taman Indria 01 Malang setelah penerapan permainan New Domino Kids. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Cara menggunakan permainan New Domino Kids adalah guru membuka papan domino anak mengambil geometri warna pada kantong anak menyebutkan benda dengan bentuk mirip geometri(segitiga persegi lingkaran) anak mengambil 5 kartu sesuai warna geometri yang diambil pada kantong anak memainkan permainan New Domino Kids berputar bergantian dan berkelompok (2) Penerapan permainan New Domino Kids dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dari 56% pada siklus I menjadi 83% pada siklus 2. Skor rata-rata pada pelaksanaan siklus I adalah 69 4 dan pada siklus II adalah 82 8. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan permainan New Domino Kids dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan baik (2) Penerapan permainan New Domino Kids dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak TK Taman Indria 01 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item