Penerapan kegiatan cooking dash untuk meningkatkan motorik kasar anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang / Dewi Nindya Suci Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kegiatan cooking dash untuk meningkatkan motorik kasar anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang / Dewi Nindya Suci Rahma

Rahma, Dewi Nindya Suci (2017) Penerapan kegiatan cooking dash untuk meningkatkan motorik kasar anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang / Dewi Nindya Suci Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahma Dewi Nindya Suci. 2017. Penerapan Kegiatan Cooking Dash Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Tumardi S.Pd M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci Kegiatan Cooking Dash Motorik Kasar Capaian Belajar Berdasarkan hasil pengamatan pada kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang diketahui bahwa keterampilan motorik kasar anak belum berkembang optimal.Anak kurang terampil melakukan gerakan terkoordinasi secara terkontrol seimbang dan lincah.Tampak 15 dari 21 anak belum terampil melakukan gerakan yang menunjukkan kelincahan dan kecepatan.Selain itu 13 dari 21 anak belum terampil melakukan gerakan yang menunjukkan kelentukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan kegiatan cooking dash pada kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang (2) mendeskripsikan apa saja peningkatan capaian belajar anak dengan diterapkannya kegiatan cooking dash pada kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus terdiri atas (1) perencanaan (2) pengamatan (3) refleksi (4) memperbaiki perencanaan.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi.Data yang digunakan meliputi data keefektifan pembelajaran data kemenarikan pembelajaran serta data efisiensi pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B1 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiataan cooking dash dapat meningkatkan capaian belajar anak kelompok B1.Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I terdapat 15 anak mencapai KD 3.3 dan 3.4 dan pada siklus II meningkat menjadi 21 anak. Pada KD 2.7 jumlah anak mencapai sebanyak 17 anak pada siklus I menjadi 21 anak pada siklus II. Begitu juga dengan KD 3.2 jumlah anak mencapai sebanyak 14 anak pada siklus I kemudian meningkat menjadi 21 anak pada siklus II. Sedangkan KD 4.9 3.10 dan 2.4 dapat dicapai oleh seluruh anak sejumlah 21 anak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan cooking dash dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dan capaian belajar yang lainnya. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk memperbaiki tindak pembelajaran dan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan kegiatan cooking dash untuk meningkatkan capaian belajar yang lain di kompetensi dasar yang berbeda sesuai dengan kurikulum yang berlaku. ABSTRACT Rahma Dewi Nindya Suci. 2017. Implementation of Cooking Dash Activity to Improve Gross Motor of Child Group B1 TK Negeri Pembina 2 Malang. Thesis Study Program S1 Teacher Early Childhood Education Faculty of Education Universitas Negeri Malang. Counselor (I) Drs.Tumardi S.Pd M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. Keywords Cooking Dash Activity Gross Motor Learning Achievement Based on the results of observations on group B1 TK Negeri Pembina 2 Malang it is known that the gross motor skills of children has not developed optimally. Children are not yet skilled to performing movements with control balance and agile. Apparently 15 out of 21 children are not yet skilled at performing movements that show agility and speed . In addition 13 out of 21 children are not yet skilled in performing movements that show flexibility. This study aims to (1) describe the implementation of cooking dash activity in group B1 TK Negeri Pembina 2 Malang City (2) to describe what the improvement of learning achievement children with the implementation of cooking dash activity in group B1 TK Negeri Pembina 2 Malang. The approach used in this research is descriptive qualitative by using classroom action research design. This study was conducted in two cycles consisting of (1) planning (2) observation (3) reflection (4) improved planning. Data collection was done by observation interview and documentation. The data used include data effectiveness of learning data attractiveness learning and data efficiency learning. The subjects of this study are children of group B1 lessons 2016/2017 which amounted to 21 children consisting of 12 boys and 9 girls. The results showed that the application of cooking dash activity can improve learning achievement of children of group B1. This is supported by the results of research showing that there is an increase that is in cycle I there are 15 children reached KD 3.3 and 3.4 and in cycle II increased to 21 children. In KD 2.7 the number of children reaches 17 children in cycle I to 21 children in cycle II. Likewise with KD 3.2 the number of children reached as many as 14 children in cycle I then increased to 21 children in cycle II. While KD 4.9 3.10 and 2.4 can be achieved by all children of 21 children. Based on these data it can be concluded that the application of cooking dash activities can improve the rough motoric skills of children and other learning achievement. The researcher gives advice for the teacher to improve the learning act and for next researcher can apply cooking dash activity to improve other learning achievement in different base competence according to curriculum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8500

Actions (login required)

View Item View Item