Pemanfaatan media puzzle sebagai media pembelajaran anak usia dini pada kelompok bermain Akademika Malang <BR>oleh Merryana Christyani

Christyani, Merryana (2002) Pemanfaatan media puzzle sebagai media pembelajaran anak usia dini pada kelompok bermain Akademika Malang <BR>oleh Merryana Christyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK ChristyanMi, erryana.2 002.P emanfaaian Media puzzles ebagail y4edia PembelajaraAn nak usiad ini pada Kelompokb ermainA kademikaM alang. Skripsi,J urusanT eknologrP endidikanF, IP,U M. Pembimbing(I ) Drs. PunadjiS etyosariM, .Pd,M .Ed. Pembimbing(I I) Drs. Sadaruddin. Katak unci: Mediap u"zle,M edia pembelajarana,n aku siad ini Penyelenggarapaenn didikans ejakd ini mampum eningkatka{kru alitas kehidupabna ngsad i masam endatangS. atuanp endidikanp ra sekolahu ntuka naku sia dini( 2--4 tahun)d ikategorikans ebagaki elompokb ermain.M etodep embelajaran yngditeapkanu ntuka naku siad ini adalahm etodeb elajarm elaluib ermain,k arena dalamb ermaina nakd apatb elajard an menemukanse suatuy angb arub aik tentang konsebpe ndab, entuk,wamad ans ebagainyaM. edia pembelajarayna ngm enjadi kajianp enelitianin i adalahr nediapuzzleM. edia pr'"zlem erupakanm ediab ermain manipulatyifa ngm ampum eningkatkanko ordinasmi otorik halusa naks ertam ampu mengembangkkarne atifitasa nakd alam" memecahkamn asalah"-menyelesaikan susunapnt zz.le. Permasalahadna lamp enelianin i adalah:I ) jenis mediap uzzlea pas ajay ang digunakan2;) polab elajara pay angd iterapkanp adas aatp emanfaatanm ediap rrzzle; 3)p rosedupre manfaatamn ediaa pay angd ilaksanakagnu ru;4 ) berapafr ekuensi pemanfaatamn ediap "'zls, serta5 ) bilamanap emanfaatanm ediap uzzle;d an 6)berapaal okasiw aktuy angd igunakanp adas aatp emanfaatanm ediap r,zzlsp a6a kelompobke rmain?.A dapunt ujuanp enelitianin i adalahm emaparkakne giatan pemanfaatamn ediap t'zzlek elompokb ermain AkademikaM alang.P enelitianin i pentingd ilaksanakanu ntuk mengetahuei fektifitas pemanfaatanm ediapuzzle dalam kegiatapne mbelajaradni kelompokb ermainA kademikaM alang. Penelitianin i termasukr ancangand eskriptifkualitatif yaitup enelitiany ang memaparkapne ristiwad ari orang-oranga taup erilakuy angd iamati.J enisp enelitian yangd igunakana dalahs tudi kasus.T eknik pengumpuland atab erupao bservasl (pengamatanw)a, wancarad, and okumentasSi. ubyekp enelitiany angd iambilt erdiri dari 3 orangg urud an3 2 oranganak( siswa)K elompokb ermainA kademikaM alang. Teknika nalisisd ata yang digunakanm elalui pengorganisasiadna n mengurutkand ata, yangq elanjutnydai adakanp emeriksaakne absahadna tam elaluit eknik triangulasi. Berdasarkahna silp enelitiand, apatd isimpulkanb ahwa:( I ) jenis media pwzleyangd imanfaatkanp adak elompokb ermainA kademikaM alanga dalahje nis mediap uzzle3 dimensid enganl -3 potongang ambard an 1-5 potongang ambar; (2) polap embelajarayna ngd iterapkang urup adak elompokb ermainA kademika Malanga dalahp ola pembelajaraknr eatif dans emik eatif, (3) prosedurp emanfaatan mediayangd igunakang urum eliputi kegiatans; ebelump resentassi,e lamap resentasi dans esudaphr esentas(i;4 ) frekuenspi emanfaatanm ediap u"le padak elompok v1 bermaiAn kademikaM alanga dalahs ering,k arenam ediap rrzzlsd imanfatkan minimael mpatk ali dalams atub ulan;( 5) pemilihanw aktup emanfaatanm edia puzzled rtempatkanp adat engahk egiatanp embelajaran(; 6) alokasiw aktu pmanfaatan media puzzle pada kelompok bermain adalah}} menit, tetapi anak mampum enyelesaikapnu zzled alamr entangw aktu l0-15 menit:( 7) efektifitas pemanfaatamn edia puzzled apatd ilihat dari hasil penilaia4 yangm enunjukkan kemampuaann aky ang relatif tinggi, denganr entanganp restasim ulai dari nilai A sampadie nganC . Berdasarkant emuanh asil penelitian,a dab eberapas arany ang diajukan, antarala in: (1) jenis media prrz'ls 1-5 potongang ambar,yangd imanfaatkanh arus ditambah-lebibha nya( karenaju mlah anakt idak sesuadi enganju mlah prrzzley ang memilikit ingkat kesulitans edang;( 2) dalam pÔé¼nerapanp ola pembelajamng, uru haruss elalum emberikanp engawasante rhadapk emauanp erkembanganb ermain anak(; 3) selamap elaksanaanp rosedurp emanfaatanm edia,g uru harusl ebih memperhatikakne giatans etelahp ersentasik, hususnyay angt erkait dengank egiatan penyimpanamn edia; (4) frekuensip emanfaatanp uzzle perlu ditambahkan,k arena media puzzle merupakan salah satu media bermain yang mampu meningkatkan kemampuadna yap ikir dan kreatifitas anak; (5) pemilihan waktu pernanfaatanm edia puzzles eharusytaid ak'terpaku"padajadwakl egiatank, arenap adah akikatrrya kelompokb ermaint idak memerperlukanp atokanjadwal ddan kegiatanp embelajaran dilaksanakasne carab ebass esuaid enganm inat anak;( 6) alokasiw aktup emanfaatan puzzleju ga tidak perlu di batasi,k arenam inat bermaina nakb erbeda;( 7)pemanfaatan media puzzle dapat lebih efektifjika dalam kegiatan pembelajaran-bermain sesuai dengakna ralleristikd anm inata nak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item