Pengembangan multimedia interaktif pada mata kuliah pengembangan media grafis pokok bahasan dasar-dasar desiain grafis di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Ahmad Hudi Yamin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada mata kuliah pengembangan media grafis pokok bahasan dasar-dasar desiain grafis di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Ahmad Hudi Yamin

Yamin, Ahmad Hudi (2010) Pengembangan multimedia interaktif pada mata kuliah pengembangan media grafis pokok bahasan dasar-dasar desiain grafis di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Ahmad Hudi Yamin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yamin Ahmad Hudi. 2009. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis Pokok Bahasan Dasardasar Desain Grafis Di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. (II) Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. Katakata kunci pengembangan multimedia pembelajaran media grafis. Dalam pelaksanaan dan proses pembelajaran yang dilakukan antara pembelajar (guru) dan pebelajar tidak selalu berjalan sesuai dengan harapan artinya timbulnya masalahmasalah. Masalah dalam pembelajaran klasikal pembelajar akan mengajar banyak pebelajar dengan karakter berbeda membuat perbedaan tingkat pemahaman penguasaan terhadap pesanpesan verbal maupun abstrak yang disampaikan sehingga untuk itu diperlukan media atau metode untuk pencapaian tujuan belajar. Multimedia menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang belajar cara memperoleh informasi cara beradaptasi dengan informasi dan sebagainya. Multimedia juga menyediakan berbagai peluang kepada para pengajar untuk mengaplikasikan berbagai teknik pembelajaran. Demikian pula pebelajar mempunyai peluang untuk menentukan materi pembelajaran dan menentukan teknik belajar yang sesuai dengan mereka membentuk pengetahuan berdasarkan keperluan masingmasing serta mengalami suasana pembelajaran yang lebih menarik dan berkesan. Berdasarkan hasil observasi di Jurusan Teknologi Pendidikan penyampaian matakuliah Pengembangan Media Grafis menggunakan metode ceramah dan praktek. Terbatasnya waktu perkuliahan yang relatif singkat jika dibandingkan dengan luasnya cakupan materi (teori dan praktek) membuat proses pembelajaran kurang efisien. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia pembelajaran yang telah melalui proses validasi pada matakuliah Pengembangan Media Grafis di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran untuk matakuliah Pengembangan Media Grafis ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 92% dan ahli materi mencapai tingkat kevalidan 96%. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran untuk matakuliah Pengembangan Media Grafis ini valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item