Hubungan efektivitas bimbingan karir dan persepsi terhadap karir dengan kemandirian pengambilan keputusan memilih karir siswa kelas XII kompetensi keahlian multimedia SMK Negeri Kota Malang / Ianatur Rodiyah

Rodiyah, Ianatur (2020) Hubungan efektivitas bimbingan karir dan persepsi terhadap karir dengan kemandirian pengambilan keputusan memilih karir siswa kelas XII kompetensi keahlian multimedia SMK Negeri Kota Malang / Ianatur Rodiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rodiyah, I. 2019. Hubungan Efektivitas Bimbingan Karir dan Persepsi terhadap Karir dengan Kemandirian Pengambilan Keputusan Memilih Karir Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T. (II) Harits Ar Rosyid, S.T., M.T.,Ph.D. Kata kunci: Efektivitas Bimbingan Karir, Persepsi terhadap Karir dan Kemandirian Pengambilan Keputusan Memilih Karir Kemandirian pengambilan keputusan memilih karir adalah mandiri dalam memilih alternatif karir dan menanggung resiko terhadap keputusan karir yang diambil. Pada remaja, khususnya SMK kemandirian pengambilan keputusan merupakan hal penting untuk diperhatikan. Penelitian membahas beberapa faktor yang mempengaruhi kemandirian pengambilan keputusan memilih karir (Y) yaitu efektifitas bimbingan karir (X1) dan Persepsi terhadap Karir (X2) Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap tingkat efektifitas bimbingan karir, persepsi karir dan kemandirian pengambilan keputusan memilih karir. Mengungkap signifikansi hubungan dan kontribusi antara efektivitas bimbingan karir dan persepsi terhadap karir secara simultan dengan kemandirian pengambilan keputusan memilih karir. Rancangan penilitian ini adalah penilitian survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian berjumlah 230 siswa dari 3 SMK di Kota Malang. Teknik sampel menggunakan simple random sampling dan rumus slovin untuk menentukan besarnya sampel, sehingga memperoleh sampel sebanyak 146 siswa. Pada sampel tersebut saat dilakukan uji normalitas tidak normal sehingga ditambahkan sampel menjadi 150. Pengumpulan data untuk efektivitas bimbingan karir, persepsi terhadap karir dan kemandiran pengambilan keputusan memilih karir menggunakan kuisioner. Pengolahan data menggunakan software SPSS for Windows 22. Hasil analisis diketahui bahwa variabel X1 tergolong tinggi dengan persentase sebesar 71,28 % variabel X2 tergolong tinggi dengan persentase sebesar 76,76 % , dan variabel Y tergolong tinggi dengan persentase sebesar 84,08%. Hubungan antara X1 dan Y terdapat hubungan yang positif dan signifikan, serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dan Y. Hubungan yang terjadi antar variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y) adalah hubungan positif dan signifikan. Sumbangan efektif dari kedua variabel bebas sebesar 15,7 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas bimbingan karir dengan kemandirian pengambilan keputusan memilih karir; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap karir dengan kemandirian pengambilan keputusan memilih karir; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara efektivitas bimbingan karir dan persepsi terhadap karir secara simultan dengan dengan kemandirian pengambilan keputusan memilih karir siswa kelas XII kompetensi keahlian Multimedia SMK Negeri Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84990

Actions (login required)

View Item View Item