Pengembangan permainan bangun geometri pada pembelajaran kecerdasan visual-spasial untuk anak kelompok A TK Kartika IV-8 Kabupaten Jember / Viska Mei Arini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan bangun geometri pada pembelajaran kecerdasan visual-spasial untuk anak kelompok A TK Kartika IV-8 Kabupaten Jember / Viska Mei Arini

Arini, Viska Mei (2017) Pengembangan permainan bangun geometri pada pembelajaran kecerdasan visual-spasial untuk anak kelompok A TK Kartika IV-8 Kabupaten Jember / Viska Mei Arini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arini Viska Mei. 2016. Pengembangan Permainan Bangun Geometri pada Pembelajaran Kecerdasan Visual Spasial untuk Anak Kelompok A TK Kartika IV-8 kabupaten Jember. Skripsi Program studi Pendidikan Guru Pendikan Anak Usia Dini. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd (II) Leni Gonadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Anak Kelompok A permainan Bangun Geometri Kecerdasan visual spasial. Permainan bangun geometri merupakan permainan untuk pembelajaran visual spasial anak kelompok A di TK Kartika IV-8 Jember. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan pembelajaran yang dilakukan cenderung didalam kelas yang mana dalam setiap pembelajaran guru tidak mencantumkan aspek kecerdasan visual-spasial dilihat pada saat pembelajaran kurangnya pemanfaatan alat permainan. Kurang kreatifnya guru dalam pemanfaatan permainan sehingga anak cenderung cepat bosan dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru sehingga peneliti membuat alternatif permainan untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran yang mudah menyenangkan dan aman bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa permainan Bangun Geometri yang diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dari segi tujuan isi dan desain untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial dalam mengenalkan bentuk geometri untuk anak TK Kelompok A. Serta dapat menambah aktivitas di sekolah yang menyenangkan mudah dilakukan anak dan tidak membahayakan sehingga anak dapat aktif dalam pembelajaran Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg Gall. pengembangan pembelajaran kecerdasan visual-spasial melalui permainan geometri di TK Kartika IV-8 Jember peneliti menggunakan 7 langkah prosedur penelitian dan pengembangan R D. Penelitian ini berlangsung dalam skala kecil (hanya 1 sekolah) dan tidak dilakukan uji secara luas dan tidak di distribusikan secara meluas cukup untuk kalangan internal sekolah dikarenakan keterbatasan waktu dan durasi waktu yang terbatas melakukan penelitian di lebih dari 1 sekolah.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa presentase. Kesimpulan penelitian dan pengembangan produk Permainan Bangun Geometri dalam pembelajaran kecerdasan visual spasial menurut ahli materi pembejaran masuk dalam kategori sangat valid (dapat digunakan) sedangkan menurut ahli permainan anak usia dini masuk dalam kategori sangat valid (dapat digunakan). Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar media ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran kecerdasan visual-spasial. Hasil keseluruhan dari uji coba kelompok kecil dalam permainan geometri mendapatkan persentase rata-rata sebesar 97.2%. Pada uji kelompok besar dalam permainan geometri mendapatkan persentase sebesar 96 3% sehingga produk Permainan Geometri dapat digunakan sebagai salah satu alternatif produk pembelajaran visual spasial. ABSTRACT Arini Viska Mei. 2016. Development of Geometri Model Game on Learning Visual Spacial Intelligence of Children Group A TK Kartika IV-8 Kabupaten Jember. Scription Early Childhood Education Teacher Education Study Program. Department of Primary and Pre-School Education Faculty of Education State University of Malang. Advistors (I) Drs. I Made Seken M.Pd (II) Leni Gonadi S.Pd. M.Pd. Keywords Children Group A Geometri Model Game Visual Spacial Intelligence Learning. Geometri wake games is a game for spatial visual learning of A group children in Kartika IV-8 Kabupaten Jember Kindergarten. Based on the results of observation shows that learning is conducted tend to in the classroom which in each teacher s learning does not include aspects of visual-spatial intelligence seen at the time of learning the lack of utilization of game tools. Less creative teachers in the utilization of the game so children tend to get bored quickly with the learning provided by the teacher so researchers make alternative games to be used as a means of learning that is easy fun and safe for children. This study aims to produce a product in the form of Geometri model game which is expected to be utilized as an alternative learning in terms of objectives content and design to develop spatial visual intelligence in introducing geometry form for Kindergarten Group A. Students can add fun activities in school Easy to do child and not dangerous so that children can be active in learning. The development model used in this research is the Borg Gall development model. Development of visual-spatial intelligence learning through geometry game at Kartika IV-8 Kabupaten Jember Kindergarten researcher uses 7 step R D research and development procedure. This research was conducted on a small scale (only 1 school) and not widely tested and not widely distributed sufficiently to the internal school due to limited time and limited duration of research in more than one school. Data analysis techniques used were Qualitative and quantitative analysis of percentage. The conclusion of research and development of Gameplay Geometri product in learning of spatial visual intelligence according to pursuit material expert enter in very valid category (usable) whereas according to expert of game of early child entered in category very valid (usable). Based on the results of development suggested that this media can be used as an alternative in the learning process of visual-spatial intelligence. The overall results of small group trials in game geometry gained an average percentage of 97.2%. In large group tests in game geometry get a percentage of 96.3% so Game Geometry products can be used as an alternative to spatial visual learning products.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8499

Actions (login required)

View Item View Item