Evaluasi proses penyusunan soal pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan menggunakan discrepancy evaluation model untuk program keahlian rekayasa perangkat lunak SMK PGRI 3 Kota Malang / Abel Dimas Restu Panggalih

Panggalih, Abel Dimas Restu (2020) Evaluasi proses penyusunan soal pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan menggunakan discrepancy evaluation model untuk program keahlian rekayasa perangkat lunak SMK PGRI 3 Kota Malang / Abel Dimas Restu Panggalih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Panggalih, Abel Dimas Restu. 2019. Evaluasi Proses Penyusunan Soal pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan Menggunakan Discrepancy Evaluation Model untuk Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK PGRI 3 Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T. Kata Kunci : DEM, SMK PGRI 3, kisi-kisi, Kesenjangan, proses penyusunan soal USBN Dalam dunia pendidikan dikenal istilah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan ujian akhir dari satuan pendidikan yang berstandar nasional. Untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Penyusunan soal USBN berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan BSNP, 20% - 25% soal USBN berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan 75% - 80% soal disusun oleh pendidik yang selanjutnya dikonsolidasikan di KKG/MGMP, maka soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik sehingga memberikan informasi yang valid dan objektif dan instrumen penilaian yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesenjangan pada proses penyusunan soal pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan menggunakan Discrepancy Evaluation Model (DEM) untuk Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Kota Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode discrepancy evaluation model (DEM). Jenis dan data analisis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Model evaluasi digunakan ialah model discrepancy yang meliputi empat aspek: (1)desain, (2)instalasi, (3)proses, dan (4)hasil. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan analisis dokumen. Terdapat 4 aktivitas dalam analisis data kualitatif dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penggambaran kesimpulan, dan menampilkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) tidak adanya kesenjangan terhadap desain kerena sudah terpenuhi oleh pihak SMK PGRI 3 Malang, (2) berdasarkan kisi-kisi instrumen soal yang diberikan oleh MGMP sebagai pedoman guru terdapat 6 soal yang tidak sesuai dengan kisi-kisi yang telah diberikan oleh MGMP bahwa adanya kesenjangan terhadap implementasi indikator penyusunan tes (pilahan ganda), (3) adanya kesenjangan terhadap proses indikator waktu pelaksanaan, (4) nilai USBN sekolah berada pada kategori tidak memuaskan sebanyak 49 perserta didik dinyatakan tidak lulus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84989

Actions (login required)

View Item View Item