Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung / Febri Yuda Nur Ardiansyah

Ardiansyah, Febri Yuda Nur (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung / Febri Yuda Nur Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansyah, Febri Yuda Nur. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dyah Lestari, S.T., M.Eng (II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata Kunci : Media Pembelajran, Android, Komputer dan Jaringan Dasar. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik mata pelajaran jaringan dasar di SMKN 1 Bandung Tulungagung belum bisa sepenuhnya menerapkan K13 dan masih menggunakan pembelajaran searah, yaitu pendidik menjelaskan didepan kelas dengan materi berupa file pdf dan slide PowerPoint dengan sebagian besar berbentuk teks. Beberapa peserta didik masih ada yang pasif, hanya mendengarkan apa yang diajarkan. Siswa kesulitan memahami materi pelajaran di kelas dan membutuhkan sumber belajar sebagai panduan untuk memahami isi materi tersebut. Mengantisipasi kendala tersebut, dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat merangsang imajinasi serta kreatifitas siswa, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran produktif komputer dan jaringan dasar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah Mengembangkan media pembelajaran berbasis Android mata pelajaran jaringan dasar kelas X TKJ yang sesuai dengan silabus Kurikulum 2013 revisi 2017 dan dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pendidik serta sebagai bahan ajar tambahan peserta didik diluar proses pembelajaran. Metode yang dipakai metode Research and Development (penelitian dan pengembangan), tapi lebih difokuskan pada proses pengembangan menggunakan metode ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi). Analisis data dilakukan dengan deskreptif presentase dan uji satu sampel untuk ketuntasan siswa. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran berbasis android yang berisikan materi secara kompleks. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis android. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persentase untuk pengujian pada ahli I sebesar 82.50%, pengujian pada ahli II sebesar 83,33%, pada uji coba kelompok kecil sebesar 86,50%, pada uji coba lapangan sebesar 88,58%. Dari hasil analisis data kemudian didapatkan hasil rata-rata validasi ahli sebesar 82,92% yang memiliki kriteria “cukup layak” sedangkan untuk rata-rata uji coba sebesar 87,54% yang memiliki kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil rata-rata ahli dan uji coba, menurut Arikunto secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini sudah valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ di SMKN 1 Bandung Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84988

Actions (login required)

View Item View Item