Pengembangan media pada mata pelajaran desain media interaktif dengan simulation learning desain multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif untuk meningkatkan kreatifitas siswa kelas XII Multimedia di SMK / Hilmi Rahardian Zain

Zain, Hilmi Rahardian (2020) Pengembangan media pada mata pelajaran desain media interaktif dengan simulation learning desain multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif untuk meningkatkan kreatifitas siswa kelas XII Multimedia di SMK / Hilmi Rahardian Zain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zain, Hilmi Rahardian. 2019. Pengembangan Media pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif dengan Simulation Learning Desain Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XII Multimedia di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (2) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Desain Media Interaktif, Kreativitas Multimedia merupakan salah satu program keahlian di SMK Negeri 10 Malang. Pada kelas XII, terdapat beberapa mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa program keahlian tersebut. Salah satunya yaitu Desain Media Interaktif. Berdasarkan observasi ditemukan masalah yaitu pembelajaran yang masih berorientasi kepada guru, sehingga siswa kurang aktif, siswa juga kurang mengembangkan keterampilan karena belum tersedianya modul pembelajaran, dan kurangnya pemanfaatan fasilitas belajar berikut akses internet, sehingga diperlukan media pembelajaran interaktif menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat menjadi media pembelajaran alternatif pada proses pembelajaran Desain Media Interaktif serta untuk meningkatkan kreativitas siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan media ini adalah untuk merancang, mengembangkan, menguji kelayakan dan mengimplementasikan media pembelajaran SIMWEBDMI (Simulasi Desain Web Mata Pelajaran Desain Media Interaktif) berbasis website untuk meningkatkan kreativitas siswa. Dalam pengembangan produk media pembelajaran ini, metode penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Sadiman. Model tersebut mempunyai langkah-langkah: (1) analisis kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir-butir materi; (4) penyusunan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/uji coba; (7) revisi; dan (8) naskah siap produksi. Uji coba dan penerapan media yang dikembangkan dilakukan oleh siswa jurusan Multimedia yang sedang menempuh mata pelajaran Desain Media Interaktif. Hasil validasi media yang dilakukan oleh ahli diperoleh persentase sebesar 93,18%, hasil validasi materi oleh ahli diperoleh persentase sebesar 89,81%, hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai persentase tingkat kelayakan media sebesar 88,02%, dan 89,54% untuk kelompok besar, tingkat pengaruh media terhadap peningkatan kreativitas siswa pada saat sebelum penggunaan media pada kelompok besar diperoleh presntase sebesar 52,26% dan meningkat menjadi 88,75% setelah penggunaan media aplikasi. Berdasarkan data hasil validasi dan uji coba, media pembelajaran aplikasi SIMWEBDMI dapat dibuat kesimpulan. Sebagai berikut: (1) Kelayakan media keseluruhan melaului tahap validasi diperoleh respon kriteria sangat valid; (2) Pengaruh produk terhadap peningkatan kreativitas siswa diperoleh respon dari siswa dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84987

Actions (login required)

View Item View Item