Studi implementasi RPP dan jobsheet pada proses pembelajaran praktik komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Cendika Bangsa Malang dengan pendekatan lesson study / Novika Agista Restu

Restu, Novika Agista (2020) Studi implementasi RPP dan jobsheet pada proses pembelajaran praktik komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Cendika Bangsa Malang dengan pendekatan lesson study / Novika Agista Restu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Restu, Novika Agista. 2019. Studi Implementasi RPP dan Jobsheet Pada Proses Pembelajaran Praktik Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMK Cendika Bangsa Malang dengan Pendekatan Lesson Study. Skripsi. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Kata Kunci : RPP, Jobsheet, evaluasi, proses pembelajaran, praktik komputer dan jaringan dasar. Evaluasi ini difokuskan terhadap tingkat keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Jobsheet yang telah dikembangkan oleh guru dengan model evaluasi Lesson Study. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pelaksanaan pembelajaran serta tindak lanjut dari proses pembelajaran praktik Komputer dan jaringan Dasar menggunakan metode Lesson Study yang ditinjau dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Jobsheet di SMK Cendika Bangsa Malang, dengan harapan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pihak SMK Cendika Bangsa secara khusus serta SMK yang lainnya yang mempunyai kemiripan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi lesson study. Penelitian ini bersifat descriptive. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran di SMK Cendika Bangsa dan sebagai subyek dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran praktik komputer dan jaringan dasar serta semua peserta didik program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Dasar kelas X semester 1. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan dokumentasi selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mendapatkan data yang akurat. Dalam tahap perencanaan (plan), yakni perancangan perencanaan pembelajaran guru telah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan standar pendidikan yang terdapat pada Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum 2013. Namun dalam tahap pelaksanaan (do), pada pelaksanaan Lesson Study I guru tidak melakukan presensi pada siswa, guru tidak melaksanakan fase 4 dalam sintaks RPP yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan tidak memberikan tindak lanjut dalam pembelajaran. Tetapi secara garis besar, pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan skenario yang terdapat pada perencanaan pembelajaran. Menurut pendapat ahli jobsheet yang disusun dan digunakan dinilai baik sehingga dapat membantu siswa dalam mengerjakan praktikum secara maksimal. Dalam tahap refleksi (see) mengungkapkan bahwa secara umum guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain itu,jobsheet digunakan sebagai mestinya dan dapat membantu siswa dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84986

Actions (login required)

View Item View Item