Analisis kompetensi pedagogik guru dan kelengkapan prasarana antara SMK rujukan dan SMK aliansi di Kota Malang / Iqlima Hajar Sugma Larasanti

Larasanti, Iqlima Hajar Sugma (2020) Analisis kompetensi pedagogik guru dan kelengkapan prasarana antara SMK rujukan dan SMK aliansi di Kota Malang / Iqlima Hajar Sugma Larasanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasanti, Iqlima Hajar Sugma. 2019. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kelengkapan Prasarana Antara SMK Rujukan Dan SMK Aliansi Di Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd, pembimbing: (II). Dila Umnia Soraya, S.Pd., M. Pd Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kelengkapan Prasarana, SMK Rujukan, SMK Aliansi Program Direktorat PSMK dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam sekolah kejuruan dengan menerapkan program SMK Rujukan dan SMK Aliansi. Dimana SMK Aliansi masih memiliki kekurangan dari segi sarana dan prasarana ataupun SDMnya. Tujuan adanya SMK Aliansi di setiap wilayah agar keberadaannya diketahui lebih luas dan dapat ditunjuk sebagai SMK Rujukan dengan harapan SDM yang berkualitas dalam bidangnya dan sarana prasarana yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatakn kompetensi pedagogik guru dan kelengkapan prasarana di SMK Aliansi, serta keterkaitan kompetensi pedagogik guru dan kelengkapan prasarana antara SMK Rujukan dan SMK Aliansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods). Metode penelitian ini digunakan dengan tujuan untuk memperoleh data atau informasi dengan menganalisis kompetensi pedagogik, kelengkapan prasarana yang ada di SMK Aliansi serta menganalisis keterkaitan SMK Rujukan dengan SMK Aliansi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk kompetensi pedagogik guru, seta observasi untuk mengetahui kelengkapan prasarana dan di perkuat dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi pedagogik guru mata pelajaran produktif SMK Alianasi dan SMK Rujukan terbanyak berjumlah 14 dengan presentase 36,8% yang tergolong dalam kategori baik. Sedangkan prasarana yang ada antara SMK Rujukan dengan SMK Aliansi cukup baik karena beberapa sekolah sudah memenuhi standar kebutuhan dengan mengembangkannya secara masing-masing sekolah. Keterkaitan antara SMK Rujukan dan SMK Aliansi hanya sebatas sharing atau pengadaan workshop. Kesimpulannya bahwa Kompetensi pedagogik guru di SMK Alinasi relatif baik sehingga dapat meningkatkan atau menyetarakannya dengan SMK Rujukan. Sedangkan Kelengkapan Prasarana di SMK Aliansi dan SMK Rujukan cukup baik. Adanya keterkaitan antara SMK Rujukan dan SMK Aliansi dalam bentuk sharing mengenai model pembelajaran, materi pembelajaran, tempat praktik peserta didik, fasilitas bengkel, lab workshop, khususnya yang berteknologi canggih, dan pengembangan SDM. Sedangkan untuk prasarana antara SMK Rujukan dan SMK Aliansi secara umum mengembangkan prasarananya secara masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84983

Actions (login required)

View Item View Item