Evaluasi pelaksanaan prakerin dalam upaya meningkatkan kompetensi peserta didik Jurusan Rakayasa Perangkat Luak di SMK Negeri 12 Malang / Tri Widianingrum

Widianingrum, Tri (2020) Evaluasi pelaksanaan prakerin dalam upaya meningkatkan kompetensi peserta didik Jurusan Rakayasa Perangkat Luak di SMK Negeri 12 Malang / Tri Widianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widianingrum, Tri. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Prakerin Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 12 Malang. Proposal Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbng : (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci: evaluasi CIPP, prakerin, kompetensi peserta didik, jurusan rekayasa perangkat lunak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program praktik kerja industry (prakerin) peserta didik jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 12 Malang. Praktik Kerja Industri (prakerin) adalah suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan kejuruan yang memadukan kegiatan belajar di sekolah dan kegiatan belajar melalui bekerja langsung pada bidang kejuruan yang sesungguhnya pada dunia kerja. Pada evaluasi ini, komponen yang dilihat yaitu komponen konteks, input, proses, dan produk yang ada dalam pelaksanaan prakerin. Dimana hasil evaluasi dapat digunakan sebagai masukan dalam pelaksanaan prakerin selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 12 Malang, dengan menggunakan model CIPP (Context-Input-Process-Product). Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi dengan responden penelitian yaitu 63 siswa kelas XII Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, 6 guru pembimbing jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan ketua jurusan rekayasa perangkat lunak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan prakerin Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 12 Malang secara keseluruhan meliputi: (1) Evaluasi context yaitu kebutuhan peserta didik dengan persentase 33,33% dinyatakan baik,(2) Evaluasi input yaitu kesiapan prakerin peserta didik dengan persentase 39,7% dinyatakan baik, (3) Evaluasi process yaitu kualitas pelaksanaan prakerin peserta didik dengan persentase 30,16% dinyatakan baik, (4) Evaluasi context yaitu kebutuhan peserta didik dengan persentase 41,3% dinyatakan kurang baik. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Menyesuaikan kurikulum sekolah dan menambah kompetensi dasar atau materi dengan kebutuhan prakerin di industri, (2) Memperluas tempat prakerin yang akan dijadikan tempat prakerin peserta didik dan menyeleksi tempat prakerin yang sesuai dengan jurusan peserta didik, (3) Merancang atau mendiskusikan tugas / jobdesk untuk kebutuhan peserta didik dalam pelaksanaan prakerin, (4) Memberikan pembekalan terlebih dahulu kepada guru, sehingga guru dapat menyampaikan materi pembekalan dengan inovatif untuk peserta didik, (5) Memberikan salinan panduan prakerin berupa hardfile / softfile sebagai pedoman peserta didik di saat prakerin, (6) Pada sekolah dapat memperbaiki kualitas proses pembelajaran yang menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan produktif sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84981

Actions (login required)

View Item View Item